Disnaker Kota Magelang Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Wirausaha, Targetkan 766 Peserta

Disnaker Kota Magelang Berdayakan Masyarakat Melalui Pelatihan Wirausaha, Targetkan 766 Peserta

KETERAMPILAN. Pelatihan pertukangan di Kota Magelang untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. -Haryas Prabawanti-magelang ekspres

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Magelang  menargetkan 766 masyarakat mengikuti pelatihan kewirausahaan untuk menekan angka pengangguran.

"Tujuannya pelatihan juga supaya masyarakat mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, meningkatkan potensinya," kata Kepala Disnaker Kota Magelang, Wawan Setiawan saat ditemui Magelang Ekspres, Senin 12 Agustus 2024.

Wawan menilai, pelatihan wirausaha dan padat karya menjadi solusi untuk menekan angka pengangguran karena Kota Magelang bukan tergolong kawasan industri melainkan jasa.

BACA JUGA:Kurangi Angka Pengangguran, Pemkot Magelang Rekrut 1.733 Pekerja Lewat Program Padat Karya

"Jadi, berwirausaha dan peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih bisa tumbuh subur dan berkembang, " imbuhnya.

Oleh karena itu, Disnaker memberikan fasilitas berupa pelatihan keterampilan seperti memangkas rambut, menjahit hingga mengolah kopi atau menjadi barista.

"Pelatihannya digelar secara berkala dengan menggandeng BLK, saat ini yang dilatih sudah 596 orang, " katanya.

Lebih lanjut, Wawan menyebut, pihaknya juga menargetkan, pada 2024, jumlah wirausahawan di Kota Magelang dapat meningkat.

BACA JUGA:10.982 Warga Temanggung Tercatat Jadi Pengangguran

"Targetnya 60 persen dari peserta, sampai saat ini, sudah terealisasi 210 warga Kota Magelang yang menciptakan usaha baru setelah pelatihan, " pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres