Ketep Pass Sawangan Berhasil Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan DAK Fisik Nasional

Ketep Pass Sawangan Berhasil Raih Penghargaan Terbaik Pengelolaan DAK Fisik Nasional

PENILAIAN. Tim penilai dari Kemenparekraf RI dan Kementerian Keuangan RI saat berkunjung ke Ketep Pass Sawangan beberapa waktu lalu.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

SAWANGAN, MAGELANGEKSPRES.COM - Badan Pengelola Obyek Wisata (BPOW) Ketep Pass Sawangan berhasil memperoleh penghargaan Pengelola Terbaik Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tingkat Nasional oleh Kemenparekraf RI dan Kementerian Keuangan RI.

Penghargaan tersebut diberikan karena Ketep Pass dianggap mampu mengelola DAK Fisik dengan baik sehingga dapat langsung bermanfaat dan kemanfaatan tersebut memberikan manfaat juga untuk peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“Kemenparekraf dan Kemenkeu RI itu kan menggelontorkan DAK Fisik di seluruh Indonesia termasuk di Destinasi Super Prioritas. Ketep Pass mendapatkan dana itu yang akhirnya kita gunakan untuk pembangunan Menara Langit Merapi, Plasa UMKM dan Plasa Kuliner,” kata Kepala Bidang Pemasaran Ketep Pass Edward Alfian saat dihubungi, Kamis (5/9).

BACA JUGA:Direktur Ketep Pass Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Pariwisata Jateng 2024

Menurutnya dari sekian banyak DAK Fisik di seluruh Indonesia dari hasil monitoring dan evaluasi Kemenparekraf bersama Kemenkeu RI, Ketep Pass dianggap terbaik dan berhasil dalam pengelolaannya.

Salah satu indikatornya adalah kebermanfaatan Menara Langit Merapi dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasca dibangun.

“Terbukti dengan data pendapatan target kunjungan di Ketep Pass di tahun 2023 mencapai Rp4,7 miliar. Hal itu tentunya langsung memberikan kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta  memberikan multi efek yang signifikan kepada masyarakat sekitar,” lanjutnya.

Selain itu menurutnya wisatawan yang berkunjung di Ketep Pass tentunya juga akan tersebar di destinasi wisata yang ada di sekitar. Sehingga dampak positif yang ditimbulkan inilah yang menjadi salah satu indikator keberhasilan pengelolaan DAK Fisik yang diterima Ketep Pass.

BACA JUGA:Sungguh Keren! Fashion Show Ecoprint di Ketep Pass Magelang Berlatar Indahnya Langit Merapi

“Dari mulai perencanaan, pembangunan bahkan pasca pembangunan dianggap baik, terbukti saat ini masih terus beroperasi dengan baik dan tidak mangkrak,” imbuhnya.

Kedepan menurut Edward, DAK Fisik di Ketep Pass ini akan dijadikan percontohan nasional. Untuk itu dirinya berharap di tahun 2026 Ketep Pass mendapatkan DAK Fisik kembali untuk mengupgrade maupun mengupdate fasilitas yang ada. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres