FBA 3 Libatkan 350 Seniman Nusantara, Dibuka dengan Penampilan Alat Musik Blekothek

FBA 3 Libatkan 350 Seniman Nusantara, Dibuka dengan Penampilan Alat Musik Blekothek

PENAMPILAN. Anak-anak SD Kanisius Kenalan saat menampilkan alat musik blekothek di pembukaan FBA 3 di Dusun Bumisegoro, Kecamatan Borobudur.-Heni Agusningtiyas-Magelang Ekspres

BOROBUDUR, MAGELANGEKSPRES.COM - Festival Bhumi Atsanti 3 melibatkan 350 seniman dari berbagai penjuru nusantara resmi dibuka, di Bhumi Atsanti, Dusun Bumisegoro, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (6/9) malam.

Semarak ajang festival ini bisa disaksikan secara gratis selama tiga hari 6-8 September 2024.

Dalam acara pembukaan, hari pertama pelaksanaan FBA, ditampilkan pentas dari tujuh kelompok kesenian yaitu Blekothek Kenalan, Sanggar Dhom Suntik, Omah Tumpuk, Nani Topeng Losari, Endy Batock Project, Keroncong Sakpenak e, dan HYG FT Mayah Swara.

BACA JUGA:21 Kelompok Seni Gedruk Ikuti Festival Kesenian Disdikbud Kabupaten Magelang di Ketep Pass

FX Fri Harna, pendamping komunitas Blekothek dari SD Kanisius Kenalan mengatakan, kelompok musik Blekothek sungguh bangga bisa terlibat, tampil dalam FBA.

"Sungguh kebanggaan bagi kami, untuk bisa berkolaborasi dan menjadi bagian persaudaraan dengan rekan-rekan, sahabat baru di FBA," ujarnya.

Endy dari Endy Barock Project menuturkan, pihaknya sungguh senang dan berterima kasih FBA bisa memberikan kesempatan pada kelompoknya untuk tampil.

Blekothek sendiri memainkan alat-alat musik dari barang-barang bekas yang dimainkan oleh anak SD Kanisius Kenalan. Penampilan mereka memukau dengan tampilan sederhana.

BACA JUGA:Walikota Magelang Bakal Tinggalkan Rumah Dinas Sebelum Waktunya, Kenapa?

"Kami sadar tidak mudah mendapatkan kesempatan untuk tampil karena musik kami adalah jenis musik di luar pagar yang mungkin sulit mendapatkan penonton,” ujarnya.

Salah seorang seniman penampil, Nani Topeng Losari dari Sanggar Purwa Kencana di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, juga memberikan apresiasi tinggi untuk penyelenggaraan FBA.

"Panggung seperti FBA inilah sebenarnya menjadi panggung yang sangat dibutuhkan oleh seniman-seniman seperti kami," ujarnya.

Dia pun sangat bersuka cita, sangat senang jika nantinya bisa kembali diundang tampil dalam FBA di tahun depan.

"Jika diundang lagi, saya akan mengajak anak-anak didik saya yang masih balita untuk tampil di FBA," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres