Luncurkan Pilkada, KPU Targetkan Jumlah DPT Wonosobo Meningkat

Luncurkan Pilkada, KPU Targetkan Jumlah DPT Wonosobo Meningkat

Komisioner KPU bersama Bawaslu dan jajaran Forkompinda meluncurkan kegiatan Pilkada di Wonosobo, Senin (20/5).-istimewa-Magelang Ekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonosobo meluncurkan acara sebagai penanda dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Targetnya, DPT kali ini meningkat dari jumlah terakhir pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

"Kita berharapnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) kita di Pilkada meningkat ya. Tapi kita tidak bisa mematok naiknya berapa, tapi inginnya lebih dari DPT lalu," kata Ketua KPU Wonosobo, Ruliawan Nugroho.

Berdasarkan data yang diinput oleh pihak KPU Daerah (KPUD), jumlah DPT terakhir pada Pemilu lalu terpantau sebanyak 693.625 orang, atau sekitar 83 persen dari sebaran penduduk di Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:PDIP Wonosobo Masih Senyap, Afif Nurhidayat: Kita Fokus Rakernas Dulu

"DPT kemungkinan bertambah. Pemilu ada 693.625 orang kemarin itu. Kalau menurut informasinya plus minus naik 2 ribu, angka kasar. Nanti ada pencocokan dan penelitian, yang meninggal berapa, yang pindah berapa, yang sudah masuk usia 17 tahun berapa," jelasnya.

Menurut Ruliawan, 83 persen DPT di Pemilu ini dinilai jumlah tertinggi dari beberapa pemilihan di tahun-tahun sebelumnya, yang berkutat di angka 79 hingga 81 persen. Meski begitu, harapannya terus naik di Pilkada 2024 mendatang.

"Pemilu di angka 83 persen. Jadi Pemilihan di Wonosobo masih di sekitar itu, target naik kalau bisa lebih dari 83 persen yang diupayakan. Ini termasuk tinggi, sebelumnya paling 79 sampai 81 persen, fluktuatif," tandasnya.

Acara peluncuran tersebut dilaksanakan di Gedung Sasana Adipura Kencana Kabupaten Wonosobo pada Senin, 20 Mei 2024. Turut hadir di antaranya, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Saat diwawancara, Bupati Afif juga menyampaikan hal senada, yakni penargetan meningkatnya jumlah pemilih. Ia menyeletuk, DPT bisa naik sampai 85 persen ketimbang jumlah terakhir di pemilihan sebelumnya.

BACA JUGA:Seminggu di Tanah Suci, Jemaah Haji Wonosobo Terdeteksi Kena ISPA

"Ya kalau sebelumnya 83 persen, di Pilkada (DPT) naik jadi 85 persen," ucapnya.

Pernyataan itu, kata dia, tentunya berlandaskan hasil pencatatan jumlah DPT terakhir. Bupati Afif menyebutnya sukses story Pemilu, yang dapat dijadikan sebagai acuan bisa terpenuhnya target keterlibatan masyarakat dalam memilih para calon di Pilkada serentak nanti.

"Sukses story pada Pemilu dengan partisipasi yang tinggi, mudah-mudahan di Wonosobo bisa meningkat. Semuanya sukses tanpa ekses," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres