Ternyata Ini Fungsi Bollard di Jalan Diponegoro Kota Magelang

Sabtu 17-12-2022,10:00 WIB
Reporter : Larasati Putri
Editor : Arief Setyoko

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemandangan baru di Jalan Diponegoro, Magelang Tengah, Kota Magelang. Sebab di dua sisi trotoar jalan tersebut, kini telah terpasang pembatas jalan berbentuk bulat. Pembatas jalan itu bernama bollard.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Magelang, Santosa Endra Gunawan mengatakan, bollard merupakan tiang pengaman yang ditempatkan di atas trotoar.

"Bollard memiliki fungsi untuk membatasi fasilitas pejalan kaki atau bagian jalan lainnya dari lalu lintas kendaraan bermotor.  Salah satu elemen jalan ini akan mencegah kendaraan bermotor untuk melintasi trotoar sehingga tidak mengganggu hak pejalan kaki," kata Endra, saat ditemui di ruang kerjanya Jumat, 16 Desember 2022.

Ia menjelaskan, ada bermacam-macam jenis bollard. Ada yang berbentuk tiang panjang, ada juga yang berbentuk bola yang terbuat dari semen.

"Yang kami pasang di Jalan Diponegoro itu yang berbentuk bulat. Selain untuk pengamanan, juga untuk menambah estetika penataan trotoar di Jalan Diponegoro," ujarnya.

Ia menyebutkan, pembangunan trotoar Jalan Diponegoro tahun 2022 sendiri berasal dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemprov Jawa Tengah. Nilainya mencapai Rp6.321.672.000.

Kepala DPUPR Kota Magelang, MS Kurniawan mengatakan bahwa pertimbangan pemilihan jenis bollard berbentuk bola karena lebih humanis daripada bollard berjenis tiang.

“Jika pemilihannya sesuai, penataan ruang kotanya pun akan terlihat lebih rapi dan indah,” ujar Kurniawan.

Dia menyebutkan peletakan posisi bollard nantinya akan digeser tepat di atas separator jalan. Hal ini berfungsi agar ruang pengguna jalan trotoar akan lebih nyaman dan leluasa.

“Untuk jumlah bollard sepanjang Jalan Diponegoro ada di seluruh titik separator trotoar. Jumlahnya ada 239 buah,” tambahnya.

Dia berharap, seluruh perencanaan pembangunan yang dilakukan DPUPR dapat memberikan dampak yang progresif sehingga menciptakan tata ruang kota yang aman, nyaman, dan baik untuk lingkungan masyarakat. (mg4)

Kategori :