Kapolres Temanggung Terima Keluhan Masyarakat Soal Balap Liar dan di Sela Sarapan Pagi di Warung Jadul

Sabtu 31-12-2022,05:00 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Nur Imron Rosadi

TEMANGGUNG,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi menerima berbagai keluhan saat bertemu masyarakat di kegiatan sambang Kamtibmas di Warung Jadul, Jalan Jenderal Sudirman Temanggung, Jumat 30 Desember 2022.

Keluhan yang paling menjadi perhatian adalah mengenai penerbitan surat izin mengemudi (SIM) dan bisingnya suara sepeda motor karena adanya balap liar.

"Kalau malam hari sering ada aksi kebut-kebutan dan balap liar di jalan raya," keluh Imam (65) warga Temanggung saat berada di Warung Jadoel, Jumat pagi 30 Desember 2022.

Menurutnya, aksi kebut-kebutan di jalan raya, selain menganggu ketertiban masyarakat, aksi yang biasanya dilakukan oleh pengendara sepeda motor juga membahayakan keselamatan.

"Sangat berbahaya, karena meskipun malam hari tapi masih banyak pengguna jalan," tuturnya.

Tidak hanya itu, keluhan juga datang dari pengunjung lainnya yakni Kambali (51), sebagai salah satu pengguna kendaraan bermotor. Ia menanyakan langsung cara atau proses pembuatan SIM.

Usai terjadi dua arus komunikasi, secara kebetulan datang pengunjung yang ternyata merupakan pimpinan salah satu dealer sepeda motor bernama Karsimin (51).

Ia yang juga mengaku pernah menjadi korban, mengutarakan keluh kesah terkait salah satu modus operandi kejahatan penipuan yang menyangkut masalah BPKB sepeda motor oleh salah seorang pelaku.

”Modusnya, pelaku yang tak lain merupakan mitra beberapa dealer tidak menyerahkan BPKB terhadap klien meski yang bersangkutan telah melunasi kredit," katanya.

Mendengar hal tersebut, Kapolres Temanggung Agus Puryadi langsung merespon secara serius. Ia berjanji akan mendalami modus tersebut agar tidak kembali terulang dan memakan lebih banyak korban serupa.

Menurutnya, meski tanpa kesengajaan, namun dengan cara interaksi langsung di lapangan seperti ini sangat efektif dalam mengurai dan mendalami beragam permasalahan yang riil di tengah masyarakat.

Tak hanya itu, cara ini merupakan sebuah problem solving yang cepat bagi beragam problematika. Misalnya terkait dengan penerbitan SIM.

Dalam interaksi tersebut Kapolres menjelaskan sistem dan skema sesuai dengan prosedur yang berlaku. (set)

Kategori :