Ratusan Personel Kodim 0707 Wonosobo Jalani Test Kesemaptaan Jasmani

Kamis 07-09-2023,04:00 WIB
Reporter : Mukarom Mohammad
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANG EKSPRES - Kodim 0707 Wonosobo melaksanakan tes kesamaptaan jasmani Periode II/2023 di Stadion Kalianget lusa kemarin. Kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) ini dilaksanakan bertujuan untuk dapat mengetahui kemampuan fisik anggota.

Sebelumnya, petugas kesehatan dari Klinik Pratama Kartika Kodim melakukan pengecekan personel yang akan mengikuti tes samapta termasuk mengukur tensi dan denyut nadi peserta demi memastikan penyelenggaraan Garjas dapat menimbang kondisi fisik anggotanya.

Pelaksanaan samapta tersebut meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari selama 12 menit dan tes kesegaran “B” yaitu pull up, sit up, push up, longges, shuttle run dan renang dasar 50 meter yang secara langsung diawasi oleh tim Binjasmil Korem 072 Pamungkas Yogyakarta.

BACA JUGA:Daun Kelor Ternyata Bisa Jadi POC, Petani Wonosobo Siap Basmi Hama Patek

selaku  saat mengambil apel menyampaikan kegiatan tes kesamaptaan jasmani ini dilaksanakan sesuai program kerja yang telah direncanakan dengan harapan untuk dapat mengetahui kemampuan fisik anggota.

“Tes ini merupakan salah satu program yang sudah dibuat oleh satuan atas sebagai sarana untuk mengetahui kemampuan fisik anggota," katanya.

"Apabila suatu saat diterjunkan dalam sebuah operasi maka sudah terbaca kemampuan fisiknya,” lanjut perwira koordinator, Kapten Inf Iwan Nafarin.

Dirinya menilai, kegiatan tes kesamaptaan jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan seluruh prajurit guna menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI.

"Prajurit yang akan melaksanakan tes Garjas Periodik ini agar dalam pelaksanaan dilaksanakan dengan serius dan sungguh-sungguh dan berhati-hati," tuturnya.

BACA JUGA:Pelaksanaan Proyek Strategis Daerah Molor, Wabup Wonosobo : Pengerjaannya Sangat Mepet

Kapten Inf Iwan Nafarin menegaskan, pelaksanaan Garjas tersebut sekiranya dapat dijadikan sebagai upaya pembinaan fisik anggota. Pasalnya, menurut Iwan prajurit musti memiliki ketangguhan dan dapat mengukur kesiapan TNI saat diterjunkan di lapangan.

Dihadapan ratusan personel Kodim Wonosobo, pihaknya juga berpesan supaya penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat teruskan secara berkala dengan memperhatikan keselamatan anggota.

Dirinya menekankan, Garjas harus dilaksanakan secara sportif dan hati-hati supaya tidak menimbulkan cidera bagi personel yang turut terlibat.

"Ini adalah ajang untuk menguji ketangkasan fisik prajurit. Tapi saya titip, tolong tetap hati-hati," tandasnya. (mg7)

Kategori :