Fakta Seputar Retinol Vitamin Kulit dengan Segudang Manfaat, Begini Cara Pakainya!

Selasa 12-09-2023,21:21 WIB
Reporter : Indah Cahyasari
Editor : Tarjo

MAGELANG EKSPRES-- Manfaat retinol baik untuk memudarkan bekas jerawat, menggurangi flek hitam, hingga mengurangi garis halus pada wajah.

Retinol adalah bahan ajaib yang dapat membawa perubahan besar pada kulit Anda.

Retinol dikenal sebagai "vitamin A" yang membantu merangsang produksi kolagen, untuk mengurangi keriput atau garis halus.

Retinol dapat digunakan oleh semua jenis kulit, namun jenis kulit yang cerah atau sensitif harus hati-hati karena akan lebih sulit beradaptasi dengan bahan aktif yang keras seperti retinol.

Sebaiknya gunakan produk dengan konsentrasi retinol terendah terlebih dahulu dan aplikasikan secara bertahap dan pelan-pelan.

BACA JUGA:Jangan Takut Pakai Retinol! Ini Dia 7 Rekomendasi Retinol Harga Terjangkau dan Aman Untuk Pemula

Selain itu, perlu juga untuk mengetahui cara pemakaian retinol yang benar agar efektif dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol

1. Pilih produk dengan konsentrasi retinol terendah: Jika Anda baru pertama kali menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol, pilihlah produk dengan konsentrasi retinol 0,01%.

Setelah kulit Anda terbiasa dengan kandungan retinol dalam produk tersebut selama 2 minggu dan tidak menunjukkan gejala iritasi, Anda bisa menaikkan konsentrasi retinol secara bertahap menjadi 0,25%, lalu 0,5% pada 2 minggu berikutnya.

2. Gunakan pada malam hari: Produk skincare yang mengandung retinol sebaiknya digunakan pada malam hari karena retinol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

3. Gunakan secukupnya: Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol secukupnya.

Jangan terlalu banyak mengaplikasikan produk tersebut pada kulit.

4. Gunakan pada kulit yang tidak terkena air: Sebelum menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol, pastikan kulit Anda kering dan tidak terkena air.

Kategori :