Ingin Mendaki Gunung Sumbing? Ini Beberapa Rute yang dapat Kamu Pilih

Selasa 28-11-2023,07:30 WIB
Reporter : Noviansyah Rizki Aditya
Editor : Noviansyah Rizki Aditya

MAGELANGEKSPRES -- Buat kamu yang hobi banget mendaki gunung, pasti tidak asing lagi dengan Gunung Sumbing.

Gunung Sumbing menjadi salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mendaki gunung di daerah Jawa Tengah. 

Gunung Sumbing secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten. Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl sekaligus menjadikan Gunung Sumbing sebagai gunung tertinggi nomor dua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet.

Gunung ini juga berdekatan dengan Gunung Sindoro. Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dikenal dengan gunung kembar dikarenakan jaraknya yang dekat dan ketinggiannya yang hampir mirip.

BACA JUGA:Watu Layah: Wisata Eksotis dengan Keindahan Alam Diluar Ekspektasi di Temanggung

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Tidak heran jika gunung ini selalu menjadi destinasi favorit orang-orang yang suka mendaki. 

Bagi kamu yang berniat mendaki Gunung Sumbing, ini dia beberapa jalur yang dapat kamu jadikan opsi : 

Jalur Pendakian Cepit Parakan

Jalur pendakian ini berada di Desa Cepit, Parakan, Kabupaten Temanggung. Jalur ini menawarkan pemandangan yang indah. Meski begitu, jalur ini tidak selalu menjadi pilihan pertama bagi pendaki.

Untuk dapat mencapai base camp di jalur Cepit Parakan, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menuju langsung ke Rumah Sakit Ngesti Waluyo yang letaknya dekat dengan Desa Cepit.

Aksesnya tergolong mudah. Waktu tempuh jika kamu memilih jalur ini, yaitu sekitar 7 jam setelah kamu melewati pos berjumlah 3 pos. Waktu tempuh ini juga tergantung seberapa cepat kamu berjalan.

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Khas Magelang yang Sayang untuk Dilewatkan

Jalur Pendakian Garung

Jalur pendakian Garung disarankan bagi kamu yang mendaki Gunung Sumbing untuk pertama kalinya. Jalur Garung dinilai lebih bersahabat dikarenakan lokasinya populer dan mudah dijangkau.

Kategori :