Amalan yang Paling Dicintai Allah, Berbakti pada Kedua Orang Tua baru Berjihad di Jalan Allah

Minggu 28-07-2024,05:00 WIB
Reporter : Abu Hammam
Editor : Suroso

BACA JUGA:Amalan Berpahala Haji yang Bisa Anda Kerjakan!

Kemudian, lanjutnya, berikutnya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Baru yang ketiga adalah

berjihad fisabilillah.

Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam menjadikan berbakti kepada orang tua lebih utama daripada berjihad fisabilillah.

Kata Ustadz Syafiq, hendaklah kita sadar bahwa berbakti pada orang tua pahalanya lebih besar  daripada berjihad fisabilillah.

Dalam sebuah riwayat disebutkan ketika ada seorang yang ingin berjihad di jalan Allah, kemudian ditanya sama Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, Orang tuamu masih hidup?

Ternyata masih hidup. Maka Rasulullah menanyakan bila ingin dapat keridhaan Allah, orang itu diperintahkan untuk kembali dan berjuang dengan berbakti kepada kedua orang tua.

"Memang secara prioritas yang pertama adalah tauhid, dengan kita mendirikan shalat; yang kedua adalah berbakti kepada orang tua; yang ketiga jihad fisabilillah," jelas Ustadz Syafiq.

BACA JUGA:Dua Amalan yang Paling Banyak Memasukan Seseorang ke Dalam Surga tapi Jarang Ditemukan

Disebutkan,  sebenarnya hadits ini ada tambahan, bahwa Abdullah bin Mas'ud mengatakan, "Kalau aku minta tambahan pertanyaan (tanya lagi dia sama Nabi 'Alaihis-shalatu wassalam: kemudian apa, kemudian apa) pasti Nabi akan menambahkan buat aku."

Tapi Abdullah ibn Mas'ud tahu adab bertanya, jangan menyusahkan yang ditanya. Tidak banyak yang ditanya, cukup tiga. "Ibnu Mas'ud tiga kali tanya; yang pertama sudah di jawab, yang kedua, yang ketiga, dia berhenti. Bertanyalah sesuatu yang engkau amalkan dan engkau perlukan dalam kehidupan ini."

Semoga ini bisa menjadi pelajaran penting bagi kita dan dapat kita kerjakan dalam kehidupan. Semoga Allah mudahkan semuanya. (*)

Kategori :