BTMX 2024: Setelah 4 Tahun Vakum, Event Pariwisata Terbesar di Jateng Kembali Digelar

Kamis 08-08-2024,16:53 WIB
Reporter : Heni Agusningtiyas
Editor : Nur Imron Rosadi

MERTOYUDAN, MAGELANGEKSPRES - Dinas Kepemudaan, Olahraga Dan Pariwisata Jawa Tengah bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Tengah kembali menghadirkan Borobudur Travel Mart & Expo (BTMX) 2024.

Event tahunan ini kembali digelar setelah sempat absen 4 tahun karena Pandemi Covid 19. BTMX ke-12 ini mengambil lokasi di Grand Artos Hotel & Convention Magelang selama dua hari, 7 dan 8 Agustus 2024.

BTMX merupakan event yang menyuguhkan B2B (Business to Business) dan juga Expo B2C (Business to Customer) yang terbuka untuk masyarakat umum.

BACA JUGA:Gegara Anak-Anak Bermain Api, Rumah Produksi Sandal di Borobudur Ludes Terbakar

Dan event ini juga merupakan event travel mart terlengkap berskala nasional dan internasional yang ada di Jawa Tengah.

BTMX 2024 kali ini akan mempertemukan 100 buyers (dalam dan luar negeri) dan 107 sellers (Jateng, DIY, Jabar, Jakarta, Jatim dan Malaysia) serta 36 pelaku UMKM dari Magelang.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi penggerak bangkitnya bisnis pariwisata di Jawa Tengah.

Kadisporpar Jateng, Agung Hariyadi mengatakan, event BTMX 2024 ini didesain agar seller yang ada di Jawa Tengah dapat lebih agresif untuk menjual semua potensi yang ada.

Sehingga membuat buyer yang berasal dari dalam maupun luar negeri lebih memahami produk-produk pariwisata yang ada di Jawa Tengah. Hal itu tentunya akan mempermudah untuk melakukan promosi pariwisata.

BACA JUGA:Mengunjungi Wisata Edukasi Jamur Borobudur yang Jadi Primadona Turis Mancanegara

”Tahun ini memang kami hadirkan lebih banyak buyers dari dalam negeri yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia. Untuk yang luar negeri berasal dari Singapura dan Vietnam,” kata Agung usai membuka acara, Rabu (8/8).

Menurutnya, ini adalah kali pertama BTMX diminati oleh seller dari luar negeri yaitu Inbound Travel Agent dan Internasional Chain Hotel dari Malaysia.

Agung mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak 47 juta wisatawan ke wilayah Jawa Tengah di tahun 2024 ini.

Sementara hingga pertengahan tahun, capaian kunjungan wisatawan sudah menyentuh 43 persen. Dirinya pun optimis pemerintah setempat akan melampaui target yang ditentukan.

Ketua Pelaksana BTMX 2024 Sugeng Sugiantoro mengungkapkan jika minat peserta event tersebut dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

Kategori :