Partai Non Parlemen di Temanggung, Hanya PSI yang Dukung Paslon Bupati-Wakil Bupati

Kamis 29-08-2024,18:24 WIB
Reporter : Setyo Wuwuh
Editor : Malik Salman

TEMANGGUNG - MAGELANGEKSPRES.COM Meskipun masih ada partai non parlemen yang tidak berkoalisi dengan ketiga pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Temanggung, namun partai non parlemen di Kabupaten Temanggung dipastikan tidak bisa mengusung calon dalam Pilkada 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) temanggung, Henry Sofyan Rois mengatakan, sejumlah partai non parlemen di Kabupaten Temanggung diantaranya, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, Partai Ummat dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dari partai non parlemen ini hanya PSI yang berkoalisi dengan salah satu pasangan balon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung.

BACA JUGA:BPBD Temanggung akan Salurkan Bantuan 20 Tandon Air Bersih

"Selain PSI tidak ada partai non parlemen yang turut berkoalisi dengan pasangan balon bupati," terangnya, Kamis 29 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, partai non parlemen di Kabupaten Temanggung hanya memperoleh suara sebanyak 6.874. Jumlah suara ini masih dikurangi dengan suara PSI  1.688 suara sehingga hanya sisa 5.186 suara.

"Semua partai non parlemen jika disatukan, suaranya tetap tidak memenuhi syarat untuk mendaftarkan pasangan cabup/cawabup," katanya.

Ia mengatakan, pendaftaran pasangan balon bupati dan wakil bupati sampai dengan Kamis tanggal 29 Agustus 2024, pendaftaran akan ditutup pada pukul 23:59 WIB.

"Di hari terakhir pendaftaran akan kami tunggu sampai pukul 23:59 WIB, kami juga belum menerima informasi terkait dengan pasangan balon yang akan mendaftarkan pada hari terakhir,"jelasnya.

BACA JUGA:Pilbup Temanggung, Tiga Bapaslon Kompak Daftar ke KPU di Hari yang Sama

Ia menyampaikan, dari ketiga pasangan balon yang sudah mendaftarkan diri ke KPU yakni pasangan Agus Setyawan dan Nadia Muna, Heri Ibnu WIbowo dan Fuad Hidayat, serta pasangan M Al Khadziq - Bimo Alugoro, berkas dari ketiga balon ini sudah dinyatakan komplit.

"Semua balon berkasnya sudah komplit, tinggal menunggu pemeriksaan kesehatan dan tahapan selanjutnya,"jelasnya.

Ia menambahkan, jumlah partai politik di Kabupaten Temanggung yang ada saat ini sudah saling berkoalisi dan mengusung balon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung.

Pasangan balon Agus Setyawan dan Nadia Muna diusung oleh partai koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Pasangan Balon Bupati dan wakil Bupati Heri IBnu Wibowo dan Fuat Hidayat diusung partai koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan bangsa (PKB), Partai Demokrat dan PSI.

Kategori :