Didukung 7 Parpol, Pasangan Calon Lilis-Zaeni Optimistis Menang di Pilkada Kebumen

Senin 02-09-2024,13:04 WIB
Reporter : Arief Setyoko
Editor : Arief Setyoko

Selanjutnya, PPP memberikan dukungan sebanyak 52.193 suara, diikuti oleh PAN dengan 47.504 suara, Partai Golkar 42.529 suara, dan PKS 46.077 suara.

BACA JUGA:Koalisi Purworejo Guyub Rukun Siap Usung Paslon Yuli-Dion

Selain itu, Partai Perindo menyumbang 3.249 suara, PBB 776 suara, serta Partai Buruh dengan 2.715 suara sah.

Kursi yang dimiliki oleh delapan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Kebumen PASTI berjumlah 23, yang setara dengan 46% dari total kursi di DPRD Kebumen.

Ketua KPU Kebumen, Dzakiatul Banat, menginformasikan bahwa terdapat tiga partai politik yang tidak berhasil menjadi partai pengusul calon pasangan.

BACA JUGA:Kapal Mendoan Kebumen Jadi Berkah Baru Bagi Para PKL

Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan ketiga partai tersebut dalam menyampaikan formulir B persetujuan partai politik, yang merupakan syarat untuk menjadi partai pengusung.

"Tiga partai politik yang sebelumnya disebut sebagai pengusung calon pasangan Arif - Rista, yaitu PKN dan Partai Garuda, tidak dapat menyerahkan formulir B persetujuan KWK kepada KPU Kebumen hingga batas akhir pendaftaran," ungkapnya.

Sementara itu, calon pasangan Lilis - Zaeni, yang awalnya didukung oleh delapan partai politik, juga tidak dapat menyampaikan formulir B Persetujuan KWK dari Partai Hanura kepada KPU Kebumen sebelum masa pendaftaran berakhir.

BACA JUGA:Puluhan Desa di Kebumen Bakal Terdampak Tol Jogja-Cilacap, Segini Ganti Untungnya

“Dengan demikian, ketiga partai politik tersebut hanya berfungsi sebagai pendukung bagi dua calon pasangan," kata Dzakiatul Banat.

Kategori :