Puluhan Desa di Kebumen Bakal Terdampak Tol Jogja-Cilacap, Segini Ganti Untungnya

Puluhan Desa di Kebumen Bakal Terdampak Tol Jogja-Cilacap, Segini Ganti Untungnya

Puluhan Desa di Kebumen Bakal Terdampak Tol Jogja-Cilacap, Segini Ganti Untungnya-ISTIMEWA/MAGELANG EKSPRES-

KEBUMEN, MAGELANGEKSPRES -- Sebanyak 53 desa di Kabupaten Kebumen akan terpengaruh oleh proyek pembangunan Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, yang juga direncanakan akan dilengkapi dengan beberapa titik keluar tol.

Sehubungan dengan proyek ambisius ini, Pemerintah Kabupaten Kebumen telah mengajukan rencana untuk membangun tiga titik keluar tol, berbeda dari rencana awal yang hanya mencakup satu titik.

Dengan demikian, Pemerintah berkomitmen untuk segera merealisasikan proyek Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, yang diharapkan dapat mempercepat waktu perjalanan antara Yogyakarta dan Cilacap di Jawa Tengah. Di Kabupaten Kebumen, tiga titik keluar tol direncanakan akan dibangun.

BACA JUGA:Pernah Ditolak Toko, Kini Penjualan Sale Pisang Salenda Sudah Sampai ke Malaysia

Menurut informasi yang diperoleh dari laman pembiayaan.pu.go.id, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan telah mengadakan acara Market Sounding untuk proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta di Jakarta pada tanggal 29 Maret 2022.

Reni Ahiantini, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di DJPI, mengungkapkan proyek Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta memiliki nilai investasi yang mengesankan sebesar Rp 38,47 triliun, dengan panjang mencapai 121,75 kilometer.

Proyek ini akan memiliki masa konsesi selama 50 tahun dan direncanakan untuk lelang skema pengembalian user charge pada kuartal ketiga tahun 2023. Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta merupakan bagian dari proyek KPBU Solicited.

BACA JUGA:Jokowi Naik Motor Gede Jajal Jalan Tol Baru di IKN Bareng Raffi Ahmad

Proyek ini akan melengkapi jaringan jalan tol di bagian selatan Pulau Jawa, yang akan terhubung dengan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap serta Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo.

Rencana pembangunan Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta tercantum dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Perpres 79/2019.

Pembangunan ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah selatan Provinsi Jawa Tengah, sekaligus mengatasi permasalahan ketidakmerataan ekonomi dengan wilayah utara dan timur provinsi tersebut.

BACA JUGA:Musyawarah dengan Desa Terdampak Dilakukan Guna Mempercepat Proyek Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta – Bawen

Di balik semua itu, proyek ini akan memberikan dampak signifikan bagi sejumlah desa di berbagai Kabupaten, termasuk Kabupaten Kebumen di Jawa Tengah, yang akan terpengaruh oleh jalur pembangunan jalan Tol Cilacap-Jogja. Sebanyak 53 desa di 15 kecamatan di Kebumen diperkirakan akan merasakan dampak dari kehadiran jalan tol ini.

Menurut informasi dari Website Pemerintah Kabupaten Kebumen, pembangunan jalan tol ini akan dimulai dari perbatasan Banyumas dan Puworejo dengan panjang mencapai 57 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: