Didukung 7 Parpol, Pasangan Calon Lilis-Zaeni Optimistis Menang di Pilkada Kebumen

Didukung 7 Parpol, Pasangan Calon Lilis-Zaeni Optimistis Menang di Pilkada Kebumen

Didukung 7 Parpol, Pasangan Calon Lilis-Zaeni Optimistis Menang di Pilkada Kebumen-IST-MAGELANG EKSPRES

KEBUMEN, MAGELANGEKSPRES.COM Tim pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen, Dra Hj Lilis Nuryani dan H Zaeni Miftah, menunjukkan keyakinan yang tinggi untuk meraih kemenangan dalam pemilihan bupati Kebumen 2024.

Dukungan dari partai politik yang memiliki jumlah suara signifikan menjadi modal utama bagi pasangan ini dalam mengumpulkan suara pada pemilihan yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Berdasarkan data dari KPU Kebumen, pasangan Lilis-Zaeni didukung oleh tujuh partai politik, yaitu PKB, Partai Nasdem, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PSI, Partai Ummat, dan Partai Gelora.

BACA JUGA:Soekoso Terpilih Jadi Ketua PWRI Purworejo 2024-2029, Ini Pesan Bupati

Dengan total suara sah mencapai 402.878 pada Pemilu Legislatif 2024, pasangan ini berpotensi untuk membawa perubahan dalam kepemimpinan Kabupaten Kebumen.

PKB dan Partai Nasdem menjadi partai pengusul dengan kontribusi suara sah terbesar, di mana PKB memperoleh 163.990 suara sah dan Partai Nasdem 109.616 suara sah.

Sementara itu, Partai Gerindra mendapatkan 93.115 suara, Partai Demokrat 27.560 suara, PSI 2.183 suara, Partai Ummat 1.823 suara, dan Partai Gelora 4.591 suara.

BACA JUGA:Pilkada Purworejo Hanya Diikuti Dua Calon, Yophi-Lukman Tantang Petahana Yuli-Dion

Dari tujuh partai politik yang mengajukan usulan, hanya empat partai yang memiliki perwakilan di kursi legislatif, yaitu PKB dengan 11 kursi, Partai Nasdem dengan delapan kursi, Partai Gerindra dengan tujuh kursi, dan Partai Demokrat dengan satu kursi.

Total kursi yang dimiliki oleh partai-partai dalam Koalisi Kebumen Beriman mencapai 27 kursi, yang setara dengan 54% dari total kursi DPRD Kebumen.

"Dengan melihat kekompakan partai-partai dalam Koalisi Kebumen Beriman, kami yakin dapat meraih kemenangan dalam Pilbup Kebumen," ungkap Ketua DPD Partai Nasdem Faiz Alaudien Reza Mardhika, Senin, 2 September 2024.

BACA JUGA:Resmi Dideklarasikan, Paslon Yuli Dion Daftar ke KPU Purworejo

Di sisi lain, pasangan calon petahana H Arif Sugiyanto SH MH-Hj Ristawati Purwaningsih SST MM mendapatkan dukungan dari lebih banyak partai.

Namun, jika dilihat dari segi jumlah, total dukungan yang diperoleh dari delapan partai politik adalah 356.555 suara sah, yang lebih sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres