Nelayan Purworejo Didorong Tingkatkan Kemampuan Penanganan Ikan

Kamis 19-09-2024,12:43 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Arief Setyoko

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.COM - Para nelayan diwilayah pesisir selatan Kabupaten Purworejo didorong dapat meningkatkan kemampuannya dalam hal penanganan ikan hasil tangkapannya.

Dengan pengelolaan yang baik, diharapkan kuantitas dan kualitas ikan meningkat sehingga juga akan meningkatkan kesejahteraan para petani. 

Dorongan tersebut dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Program Aspirasi DPR RI dengan memfasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepelabuhan dan Perikanan bertema "Cara Penanganan Ikan yang Baik", Rabu (18/9).

Bimtek berlangsung di Pendopo Rest Area Jl Daendels Kecamatan Grabag dihadiri Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Tenaga Ahli DPR-RI Komisi IV  Ir Supri Haryanto, perwakilan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Ir Ratna Dynni Indriastuti MM, Kadin Lingkungan Hidup dan Perikanan Wiyoto Harjono ST MM, serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPC Purworejo.

BACA JUGA:Tiga Santri Terseret Ombak Pantai Keburuhan Purworejo

BACA JUGA:15 Tanda Seseorang yang Memiliki Mental dewasa, Banyak Terjadi di Orang Sekitar Kamu Begini Juga Enggak?

BACA JUGA:Wisata Religi di Gunung Windusari Wonosobo, Inilah Profil dan Kisah Menarik Mbah Windu Sari!

Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap upaya berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM nelayan di Kabupaten Purworejo.

Pihaknya berharap, dengan adanya bimtek kali ini, nelayan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola sumber daya yang ada, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan keselamatan tetap terjaga.

“Saya nyuwun monggo untuk diikuti dengan sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat untuk para nelayan agar nantinya dalam melaut mendapatkan hasil yang maksimal dan tetap terjaga keselamatannya,” katanya. 

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri Old Money Menurut Grace Tahir, Anak Pemilik Mayapada Group yang Hidup Berbanding Terbalik

BACA JUGA:Pilkada Rawan Konflik Akibat Beda Pandangan Politik, Lurah dan Kades Purworejo Diminta Jaga Kondusivitas

Sementara itu Ratna Dynni Indriastuti mengungkapkan, tujuan Bimtek adalah untuk mendapatkan penangkapan ikan yang lebih baik dan maksimal, sehingga dapat meningkatkan pendapatan para nelayan sekitar.

“Seperti pembongkaran yang baik, pencucian ikan setelah ditangkap, pemberian es agar ikan kesegarannya terjaga,” terangnya. (top)

Kategori :