315 Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di Wonosobo Terima Sertifikat

Sabtu 21-09-2024,10:22 WIB
Reporter : Agus Supriyadi
Editor : Malik Salman

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.COM Sebanyak 315 peserta pelatihan berbasis kompetensi, menerima sertifikat. Kegiatan tersebut digelar UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Wonosobo.

Pelatihan yang dilaksanakan di bawah naungan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang ini meliputi 23 paket pelatihan.

Yang 22 di antaranya adalah Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dan satu program tailor-made training yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

BACA JUGA:DPT Wonosobo Ditetapkan, Ada Selisih 15 Ribu dengan Data Disdukcapil

Kepala UPT BLK, Wahid mengatakan, dalam program tailor-made training, BLK memprioritaskan pelatihan pembuatan roti dan kue sesuai dengan kebutuhan SLB.

"Sebenarnya ada pilihan lain, seperti tata rias, namun setelah menyesuaikan kebutuhan SLB, mereka lebih membutuhkan pelatihan pembuatan roti dan kue. Kami sebagai penyelenggara menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen," tambahnya.

Menurutnya, pelatihan yang dilakukan di BLK Wonosobo terbagi dalam 13 jenis, mulai dari pembuatan roti dan kue, commercial cookery, hingga digital marketing.

BACA JUGA:Digelontor Rp17 M, Ubah Telaga Wurung Dieng Wonosobo Jadi Embung

BACA JUGA:Kolaborasi Bersama Nanobank Syariah Seleksi Duta Smartfren Bagi Desa Terpilih di Selatan Jawa Tengah

Program ini dirancang untuk menjembatani gap kompetensi antara tenaga kerja yang ada dengan kebutuhan industri.

“Tujuan utama kami adalah menghilangkan gap kompetensi yang ada. Misalnya, di Wonosobo yang merupakan daerah wisata, dibutuhkan pemandu wisata yang kompeten. Oleh karena itu, pelatihan tour guide kami adakan untuk memastikan kebutuhan ini terpenuhi,” katanya.

Selain tour guide, pelatihan lainnya meliputi barista, operator garmen apparel, menjahit pakaian dasar, dan masih banyak lagi.

Program ini melibatkan 368 peserta, dengan tingkat kelulusan pelatihan mencapai 99%. Dari total peserta, 315 orang dinyatakan kompeten melalui uji kompetensi. 

BACA JUGA:SAH! DPT Kabupaten Magelang Ditetapkan 1.015.423 Pemilih pada Pilkada Nanti

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Magelang Serahkan Santunan Pemilik Toko SRC

Kategori :