Peringatan Hari CTPS Sedunia: Pjs Bupati Ajak Warga Purworejo Rajin Cuci Tangan

Kamis 17-10-2024,17:17 WIB
Reporter : Eko Sutopo
Editor : Nur Imron Rosadi

PURWOREJO,MAGELANGEKSPRES.COM - Penyebaran berbagai penyakit, seperti diare, infeksi saluran pernapasan, dan berbagai penyakit menular lainnya dapat dicegah melalui langkah sederhana dan efektif, yakni mencuci tangan dengan sabun.

Kebiasaan cuci tangan tidak hanya harus dilakukan saat pandemi, melainkan harus menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.

Penekanan itu disampaikan oleh Pjs Bupati Purworejo, Endi Faiz Effendi SPi MA, saat menghadiri Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia di Pendopo Kabupaten Purworejo, Rabu (16/10).

BACA JUGA:Program Pedji Sehat Ajak Alumni Spensa Purworejo Satukan Emosional

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati memberikan kuis tentang aktivitas mencuci tangan dan peserta mendapatkan hadiah menarik.

Pjs Bupati beserta istri juga melaksanakan gerakan mencuci tangan serentak, bersama  pejabat terkait lainnya.

Menurut Pjs Bupati, gerakan mencuci tangan merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB. Kampanye tersebut bertujuan untuk menggalakan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat.

"Gerakan tersebut sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian anak dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia," katanya.

BACA JUGA:Bawaslu Purworejo Tertibkan Ratusan Stiker Paslon di Angkutan Umum

Lebih lanjut disampaikan bahwa menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), perilaku mencuci tangan pakai sabun mampu mengurangi angka kejadian diare 45 persen, mencegah penyebaran penyakit cacingan, menurunkan kasus infeksi saluran pernapasan akut, dan flu burung hingga 50 persen, termasuk juga mencegah penularan Covid-19.

"Jika perilaku itu diikuti pembangunan sanitasi berbasis masyarakat, seperti jamban sehat, aliran air bersih, drainase dan lingkungan yang bersih, kasus-kasus tersebut dapat turun hingga 90 persen," tandasnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kabupaten Purworejo, Dra Erna Setyowati, menyampaikan bahwa gerakan mencuci tangan bukanlah kegiatan seremonial belaka, tetapi harus dilaksanakan setiap saat dan memakai sabun.  Menurutnya kebiasaan ini harus diawali dari lingkungan rumah terlebih dahulu.

BACA JUGA:MUI Purworejo Gaspol! Percepat Sertifikasi Halal Produk Lokal, Jamin Kehalalan dan Tingkatkan Daya Saing

"Anak-anak harus dibiasakan setelah beraktivitas atau sebelum makan untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Kegiatan perilaku hidup bersih dan sehat juga merupakan hal yang sangat penting," ungkapnya. (top)

Kategori :