Kelompok PPMT Unimma Berikan Sosialisasi dan Penyuluhan Digital Marketing

Kelompok PPMT Unimma Berikan Sosialisasi dan Penyuluhan Digital Marketing

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG-Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Periode II Tahun 2020. Kegiatan PPMT sendiri merupakan wujud dari upaya pencapaian salah satu visi yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat. Tim pelaksana PPMT yang diketuai oleh Dr Barkah Susanto, S.E., M.Sc., Ak., dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unimma serta beranggotakan lima  mahasiswa, yaitu Fardan Nur Chariri, Akrim Hadianto, Miftachul Rochman, M. Mirza Syaukani, dan Aditya Ari Daniswara melaksanakan tugas pengabdian di Dusun Mendirat, Desa Pare, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung. Mengangkat tema tentang kewirausahaan, UMKM, dan pemasaran, kelompok ini memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada pelaku usaha dan masyarakat di Dusun Mendirat tentang pemasaran digital (digital marketing). Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan PPMT yang dilaksanakan sejak awal Oktober 2020. Baca Juga Banjir Longsor Hajar Belasan Desa di Pituruh Dalam kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini, pelaku usaha dan masyarakat diberi penjelasan tentang pengertian dan tujuan digital marketing. Mereka juga diberi penjelasan tentang contoh dari penerapan strategi digital marketing serta keunggulannya, seperti memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan menggunakan layanan Google Bisnisku untuk mengelola informasi dan kehadiran bisnis di internet. Mereka kemudian juga diajak untuk berdiskusi serta berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kegiatan usaha dan pemasaran. Tujuannya adalah agar masyarakat dan terutama pelaku usaha lebih memahami tentang konsep digital marketing dan bisa mulai belajar menerapkannya untuk meningkatkan kegiatan usaha mereka. Perkembangan teknologi serta mewabahnya Covid-19 membuat masyarakat dan pelaku usaha perlu beradaptasi dengan kebiasaan baru. Bagi pelaku usaha, kondisi seperti saat ini membuat mereka lebih menyadari perlunya mengubah strategi pemasaran dari pemasaran konvensional ke pemasaran digital. Aditya Ari, mahasiswa anggota kelompok PPMT di Dusun Mendirat menjelaskan bahwa digital marketing diterapkan untuk meningkatkan kesadaran merek serta meningkatkan penjualan produk. Jangkauan yang dimiliki digital marketing memungkinkan sebuah produk untuk dikenal secara lebih luas. Dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini diharapkan masyarakat terutama pelaku usaha di Dusun Mendirat memperoleh lebih banyak wawasan dan pemahaman tentang pemasaran digital serta mampu mulai menerapkannya untuk bisa mendapatkan dan memperluas pasar bagi produk yang mereka hasilkan. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: