Bupati Temanggung: Sampah Masih Jadi Problem di Temanggung, Ini Sebabnya!

Bupati Temanggung: Sampah Masih Jadi Problem di Temanggung, Ini Sebabnya!

Ilustrasi. Salah seorang warga tengah membuang sampah di tong yang banyak tersedia di desanya.--

TEMANGGUNG – Bupati Temanggung, HM Al Khadziq menyebut bahwa sampai sejauh ini sampah masih menjadi salah satu problem di daerah yang ia pimpin.

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut belum kunjung terurai. Pertama adalah rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk memilah sampah. Dan yang kedua ialah masih terbatasnya jumlah tempat pembuangan sampah di desa-desa.

“Sampah masih menjadi problem di Kabupaten Temanggung yang harus segera diatasi secara bersama-sama, perlu adanya sinergi oleh berbagai pihak,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan minimnya kesadaran masyarakat dan terbatasnya jumlah tempat pembuangan sampah menyebabkan munculnya kebiasaan buruk masyarakat yang berpotensi memicu rusaknya lingkungan.

Yakni membuang sampah secara sembarangan. Padahal, kebiasaan ini apabila diteruskan akan mengganggu kelestarian sungai, tanah, dan lingkungan alam lain.

“Kebiasaan membuang sampah sembarangan, di sungai misalnya, sangat merugikan dan harus dihentikan. Karena, kalau tidak jelas akan merusak lingkungan alam baik sungai maupun tanah,” imbuhnya. 

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Temanggung terus menggalakkan gerakan kesadaran menjaga lingkungan, dalam hal ini adalah mengelola masalah persampahan secara masif dan terstruktur di berbagai penjuru desa dan melibatkan seluruh elemen.

“Dengan terurainya problem sampah, maka tujuan melestarikan lingkungan akan lebih mudah tercapai. Tentunya, ini harus melibatkan seluruh pihak dan elemen agar tujuan tersebut segera tercapai,” pintanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: