Puluhan Siswa MA Berjan Ini Terima Beasiswa Karena Mampu Mengharumkan Nama Madrasah

Puluhan Siswa MA Berjan Ini Terima Beasiswa Karena Mampu Mengharumkan Nama Madrasah

TERIMA. Siswa MA An-Nawawi yang memiliki prestasi saat menerima beasiswa dari madrasah. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO - Dinilai memiliki jasa besar dalam mengibarkan nama madrasah di tingkat nasional, puluhan siswa MA An-Nawawi Berjan Purworejo menerima beasiswa. Beasiswa tersebut merupakan apresiasi bagi siswa berprestasi sekaligus motivasi bagi siswa yang lainnya.

Dikutip dari Surat Keputusan Kepala MA An-Nawawi Berjan Kabupaten Purworejo yang ditanda tangani H Sahlan, pemberian beasiswa tersebut guna memberikan penghargaan bagi siswa-siswai MA An-Nawawi yang berprestasi baik dalam bidang akademik (kokurikuler) maupun ekstrakurikuler.

Pemberian beasiswa tersebut juga disesuaikan dengan Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional yakni Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 34 Tahun 2006 tentang pembinaan prestasi peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa.

Kejuaraan nasional yang diikuti para siswa ini bervariasi mulai Ajang Kompetisi Seni hingga Sains Madrasah tingkat kabupaten dan nasional selama berlangsungnya semester genap tahun 2021/2022.

Beberapa kejuaraan tersebut di antaranya

National Science & Social Competition diselenggarakan oleh NSCC, Indonesia Intelligent Competition tingkat nasional diselenggarakan oleh Brainteach Indonesia, Olimpiade Sains Pelajar Nasional 2022 diselenggarakan oleh Garuda Sains Indonesia, Olimpiade Sains Seluruh Indonesia (OSSI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Puskanas, Olimpiade Soshum Tingkat Nasional, Gebyar Olimpiade siswa nasional dan masih banyak lagi. 

Puluhan siswa tersebut tidak sedikit yang mendapatkan medali emas dalam ajang bergengsi ini. Di antara siswa yang membawa pulang medali emas adalah Syarifah Mudaim (cabang lomba bahasa Inggris), Ummatullatifah (cabang lomba Sains Kebumian), Akrom Ahmad (cabang lomba Informatika Komputer), Laely Nur Hidayah (cabang lomba Kabumian), Varrel Fahyza (cabang lomba Geografi) dan Zahra Azizah (cabang lomba Sosiologi). 

Salah satu Guru Pendamping siswa, Hadi Suwignyo mengatakan, beasiswa apresiasi tersebut diberikan dalan bentuk pengurangan biaya SPP/Syahriah untuk siswa.

"Jangan dilihat nilainya, namun ini merupakan apresiasi dari sekolah kepada siswa siswi yang berprestasi," katanya.

Ia menyebut, untuk mengikuti beberapa kejuaraan tingkat nasional tersebut para siswa sudah dibekali materi dari guru pembimbing. Tidak hanya itu, latihan dan belajar setiap hari dilakukan menjadi kunci sukses merebut medali. 

Tidak hanya medali emas saja, namun medali perak dan perunggu pun tak luput diraih oleh sejumlah siswa berprestasi ini. 

"Akan terus kita tingkatkan prestasi ini untuk membawa nama baik MA An-Nawawi ke kancah nasional," katanya. 

Sementara itu Zahra Azizah salah satu perebut medali emas cabang sosiologi dalam Gebyar Olimpiade siswa Nasional tahun 2022 mengatakan, ia sangat senang dengan pencapaiannya saat ini. Zahra bertekad akan terus menambah pundi-pundi medali yang ia peroleh. 

"Saat ini masih 2  medali emas dan beberapa sertifikat kejuaraan, saya akan lebih giat lagi dalam belajar, targetnya sih paling 10 medali emas dulu, kita juga sesuaikan dengan kejuaraan yang akan datang," katanya. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com