Sejumlah Produk Unggulan Dipamerkan di Jakarta, Bupati: UMKM Purworejo Layak Go Internasional

Sejumlah Produk Unggulan Dipamerkan di Jakarta, Bupati: UMKM Purworejo Layak Go Internasional

PRODUK UNGGULAN. Bupati Purworejo meninjau produk unggulan Purworejo yang dipamerkan dalam Otonomi Expo 2022 di JCC Senayan Jakarta, kemarin. (istimewa)-UMKM Purworejo-Magelangekspres.com

PURWOREJO - Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menilai produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Purworejo memiliki banyak variasi dan berkualitas. Bahkan, beberapa produk memiliki ciri khas dan berdaya saing tersendiri sehingga harus terus dikembangkan dan dipromosikan hingga mampu go internasional.

Hal itu disampaikan Bupati Agus Bastian saat menghadiri event Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta  pada Rabu (20/7). Hadir dalam Apkasi  Plt Kabag Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Purworejo Yunita Dewi Onggowati SE MM, dan perwakilan Bank Jateng Cabang Purworejo Wahyu Aji Prasetyo.

Menurut Agus Bastian, peran Purworejo dalam even expo ini sangat strategis sebagai salah satu wahana untuk mempromosikan produk-produk UMKM. Apalagi even yang bertaraf nasional ini diikuti semua kabupaten se-Indonesia.

“Saya ingin Purworejo ke depan bisa menampilkan produk-produk UMKM andalan yang selama ini sudah diproduksi oleh masyarakat Purworejo. Termasuk stan pamerannya dipersiapkan semenarik mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu, Yunita Dewi Onggowati menjelaskan, dalam Apkasi Otonomi Expo 2022 ini, Purworejo menampilkan produk-produk unggulan antara lain batik tulis, geblek, lanting, kopi dan produk lainnya.

“Tujuan mengikuti ekspo untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Purworejo guna merangsang pertumbuhan perenokomian di Purworejo. Seperti yang diharapkan Bapak Bupati semoga ke depan produk unggulan UMKM bisa masuk ke ekspor,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam mengikuti ekspo ini, Purworejo juga didukung Bank Jateng Cabang Purworejo yang selama ini menjadi mitra pemerintah daerah Kabupaten Purworejo. Ekspo berlangsung selama 3 hari, Rabu-Jumat (20–22/7).

“Hampir semua produk diminati pengunjung, seperti kerajinan batik dan kerajinan kulit berupa sepatu, sabuk, langsung menghubungi UMKM via online. Sampai pagi ini Kamis (21/7) yang mengunjungi stan Purworejo mencapai  sekitar 300 orang. Ini menunjukkan produknya menarik,” sebutnya.

Sementara itu, Wahyu Aji Prasetyo mengatakan, Bank Jateng Cabang Purworejo komitmen mendukung kegiatan pemerintah daerah, terutama dalam meningkatkan kualitas UMKM. Adanya partisipasi dalam ekspo tingkat nasional ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang produk UMKM Kabupaten Purworejo.

“Bank Jateng ikut berperan serta dalam menumbuhkembangkan UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo dengan cara memberikan pinjaman berbunga lunak. Juga melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM,” terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com