KPU Purworejo Ajak Siswa SMK YPE Sawunggalih Sukseskan Pemilu

KPU Purworejo Ajak Siswa SMK YPE Sawunggalih Sukseskan Pemilu

SERAHKAN. Komisioner KPU, Imam Turmudzi saat menyerahkan cinderamata kepada peserta. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemilu Umum merupakan hajat besar semua warga negara . Oleh karenanya untuk mensukseskan hajat tersebut KPU perlu melibatkan semua pihak dan segmen masyarakat tak terkecuali kaum milenial.

Untuk mengoptimalkan peran kaum milenial KPU kabupaten Purworejo bekerjasama dengan SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo mengadakan Pendidikan Pemilih, kemarin.

Hadir sebagai narasumber komisioner KPU Purworejo,  Purnomosidi, S.Pt, Widia Astuti, S.S., M.Par dan Imam Turmudi, S.Sy., MSI. Kegiatan ini juga didampingi kasubag tehnis beserta staf tehnis KPU kabupaten Purworejo. Pendidikan Pemilih diikuti oleh perwakilan kelas X, XI, XII dan calon pengurus OSIS semua jurusan.

Imam Turmudi, selaku ketua Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  mengatakan "Anak muda, utamanya pemilih pemula memiliki peran besar dalam menukseskan Pemilu 2024 nanti. Terlebih, pemilih pemula menjadi kantong suara yang cukup signifikan di Indonesia. Jadi anak-anak seusia SMK ini menjadi salah satu kunci sukses atau tidaknya Pemilu 2024 mendatang," terangnya.

Imam menyampaikan, setidaknya ada 4 (empat) hal bentuk kepedulian atau partisispasi yang bisa dilakukan anak muda dalam mensukseskan pemilu.
Pertama mengerti tentang regulasi kepemiluan. Hal ini diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada kaum milenial tentang aturan kepemiluan, jangan sampai mereka terkena sanksi hukum karena ketidaktahuan. Sebagai contoh aturan dan regulasi yang mengatur tentang larangan kampanye.

Kedua, menciptakan suasana kondusif. contoh sederhana tidak ikut menyebarkan informasi atau berita bohong (hoax) yang tidak jelas sumbernya yang dapat memicu munculnya kegaduhan. Karena informasi hoax jika disebar secara berulang-ulang dan terus menerus seolah menjadi informasi yang benar.

Ketiga, menjadi bagian dari penyelanggara pemilu badan adhoc. Kaum milenial sangat berpeluang jika ingin menjadi bagian dari penyelenggara pemilu mengingat kebutuhan sdm untuk badan adhoc di kabupaten purworejo cukup banyak.

Keempat, datang ke TPS. Hal ini penting karena satu suara memberi dampak besar terhadap kemajuan dan perubahan daerah dalam lingkup kecil dan negara dalam arti luas. Selain itu salah satu ukuran keberhasilan pemilu adalah tingginya tingkat partisispasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS. (luk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com