Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar Digelar Secara Sederhana

Haul Syekh Subakir di Gunung Tidar Digelar Secara Sederhana

ZIARAH. Wakil Walikota Magelang KH Mansyur pimpin doa bersama di makam petilasan Syekh Subakir, Gunung Tidar, untuk memperingati wafatnya tokoh syiar Islam tersebut, kemarin(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Haul atau tradisi memperingati hari wafatnya Syekh Subakir digelar oleh Pemkot Magelang di Kebun Raya Gunung Tidar, Jumat (2/9). Acara tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Magelang M Mansyur, dan diikuti oleh segenap jajarannya. Hadir pula sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para santri.

Kegiatan diisi dengan doa bersama dan khataman Alquran di area makam yang berada di atas Kebun Raya Gunung Tidar.

Kepala UPT Kebun Raya Gunung Tidar, Yhan Noercahyo Wibowo mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya sejak tahun 2018 pada bulan Safar. Tepatnya di pekan pertama dan hari Jumat.

"Haul dihadiri sekitar 150 orang, tidak hanya pejabat dan tokoh agama saja, tapi juga masyarakat sekitar Kelurahan Magersari. Acara memang masih sederhana, tapi tetap khidmat," katanya.

Mansyur menambahkan, tujuan dilakukannya kegiatan Haul Syekh Subakir ini untuk mengenang dan mendoakan Syekh Subakir, serta melanjutkan perjuangan tokoh syiar agama Islam generasi pertama di Pulau Jawa itu.

"Sebenarnya prinsipnya dengan Haul ini untuk mengenang jasa beliau dan mendoakan almarhum Syekh Subakir yang sudah berjuang di Magelang ini, kita pun punya semangat untuk meneruskan perjuangannya untuk Kota Magelang ini,” imbuhnya.

Mansyur berharap, Gunung Tidar dapat menjadi destinasi wisata yang lebih maju untuk masyarakat Magelang maupun luar Magelang, baik untuk wisata religi maupun wisata budaya.

"Harapannya ke depannya supaya masyarakat Kota Magelang dan sekitarnya untuk mau berkunjung di Kota Magelang dengan wisata. Monggo mau wisata budaya, religi, yang penting bisa mengunjungi gunung Tidar dengan volume wisatawan yang banyak," tuturnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com