BLT, Apakah Data Sudah Valid?, Fraksi Gerindra: Pemerintah Seharusnya Sudah Melakukan Pembaharuan

BLT, Apakah Data Sudah Valid?, Fraksi Gerindra: Pemerintah Seharusnya Sudah Melakukan Pembaharuan

ANTRE. Sejumlah penerima bantuan sedang mengantre di Kantor Pos Temanggung, saat pencairan bantuan tahun 2021 lalu.(foto: dokumen/temanggung ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kalangan DPRD Temanggung menyambut baik langkah pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu pasca kenaikan harga bahan minyak (BBM). Hanya saja pemerintah daerah harus bisa menyiapkan data valid sehingga bantuan tidak salah sasaran.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Temanggung Chakiem Harmoko Candra Hadi Kusuma mengatakan, salah satu kebijakan pemerintah pasca kenaikan harga BBM bersubsidi adalah pemberian bantuan seperti bantuan langsung tunai (BLT), bantuan subsidi upah (BSU) serta bantuan angkutan umum.
Berbagai jenis bantuan ini harus benar-benar bisa sampai ke tangan yang berhak.

Ia mengatakan, berdasarkan pengamatan Partai Gerindra, dalam pembagian bantuan selalu ada permasalahan dengan data penerima, sehingga ada saja bantuan yang salah sasaran.

"Pemerintah seharusnya sudah melakukan pembaharuan data, sehingga data penerima bantuan bisa lebih tepat sasaran, dan sampai saat ini apakah data penerimaan tersebut sudah di-update dengan pemutahiran data yang baru," katanya.

Menurutnya, dalam pekan ini masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan, terutama bagi pelaku usaha mikro untuk mendapatkan bantuan BPUM.

Menurutnya, pemerintah harus mempersiapkan dan menyosialisasikan kepada masyarakat apa saja persyaratan untuk mendapatkan bantuan tersebut.
"Apa saja kriteria usaha mikro dan langkah apa saja yang dilakukan pemerintah daerah untuk melakukan validasi data sehingga BPUM tersebut bisa tersalurkan dengan tepat sasaran," pintanya.

Anggota Fraksi PAN Berkeadilan DPRD Temanggung Budi menambahkan, BLT dalam kondisi apapun bagi sebagian besar penerima manfaat memang sesaat menyenangkan. Namun dari sisi yang lain kreativitas, inovasi, etos dan semangat kerja sebagian dari mereka semakin mati dan akan semakin berbahaya bagi mereka-mereka yang dalam usia produktif.

"Kami mendorong perlunya sikap pemerintah supaya bantuan yang diberikan kepada masyarakat semakin meningkatkan daya saing SDM agar ke depannya masyarakat Temanggung semakin GANDEM," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com