16 Bangunan di Tlogomulyo Temanggung Rusak Diterjang Puting Beliung

16 Bangunan di Tlogomulyo Temanggung Rusak Diterjang Puting Beliung

RUSAK. Belasan rumah di Desa Tanjungsari Kecamatan Tlogomulyo rusak setelah diterjang angin puting beliung, Sabtu (2/10).(Foto:doks BPBD Temanggung)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Sebanyak 16 bangunan milik warga di Desa Tanjungsari Kecamatan Tlogomulyo rusak diterjang puting beliung, Sabtu (1/10) petang kemarin.

Dari 16 bangunan tersebut 14 di antaranya rumah tinggal, 2 tempat usaha (Kandang) dan 1 fasilitas umum (Balai RT). Sebagian besar mengalami kerusakan pada bagian atap rumah.

Kendati demikian tidak ada korban dalam bencana alam tersebut, hanya saja kerugian ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Toifur Hadi merinci, rumah yang mengalami kerusakan tersebut berada di RT 01 RW 05 di antaranya milik Sudip Wido Purnomo, Wahono, Budi, Nur, Marto Jiran, Asmudi, Tentrem.

Sedangkan di RT 02 RW 05 di antaranya milik Komari, Samani, Buwono Ramiyono, Balai RT, Nurhadi, Hasyim, Rupiah, Dahroni  dan Marjono.
Ia menjelaskan, sebelum angin menerjang desa tersebut, terjadi hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, kejadian ini terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

"Tidak ada yang mengalami kerusakan parah, rusak Sedang 11, Rusak Ringan 6," jelasnya.

Menurutnya, untuk sementara bagi kelurga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang terpaksa mengungsi di rumah saudara. Namun bagi yang rumahnya masih ditempati atau tidak mengungsi memilih tempat paling aman di rumah tersebut.

Ia menambahkan, masyarakat dibantu anggota tim SAR BPBD, TNI dan Polri bahu membahu membersihkan rumah milik korban.
"Kami siap membantu, kami akan berusaha memberikan yang terbaik bagi korban," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com