Hujan Deras, Banjir Bandang di Borobudur Rusak Dua Rumah

Hujan Deras, Banjir Bandang di Borobudur Rusak Dua Rumah

PENANGANAN. Tim gabungan dalam proses penanganan darurat di Dusun Nalan III, Desa Kenalan, Borobudur akibat bencana banjir bandang.(foto : Chandra Yoga Kusuma/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Hujan intensitas deras di wilayah Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang pada Selasa (11/10/2022) telah menimbulkan bencana alam pada dua lokasi berbeda di kecamatan tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono mengatakan, pada pukul 13.00 WIB terjadi banjir bandang di Dusun Nalan III, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur.

Dengan kronologi berawal dari hujan dengan intensitas deras di Kecamatan Borobudur  menyebabkan terjadinya tanah longsor yang disusul dengan banjir bandang di Dusun Nalan III, Desa Kenalan, Kecamatan Borobudur sekitar pukul 13.00 WIB.

Dari hasil kajian yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Magelang di lapangan, banjir bandang disebabkan oleh tebing yang longsor dengan dimensi tinggi 50 m dan panjang 30 m dengan kemiringan tebing 75 derajat.

Adapun jarak tebing dengan lokasi kejadian sekitar 100 m namun dikarenakan curah hujan yang tinggi dan tebing yang curam maka tanah menjadi gembur, material longsoran berupa bebatuan, kayu dan rumpun bambu yang terbawa sampai kebawah.

"Dampak dari kejadian tersebut dua rumah rusak sedang, satu kandang ternak rusak berat, dan 11 ekor kambing mati. Saluran paralon untuk pengairan 1 dusun putus," terang Edi.

Hujan deras juga mengakibatkan bencana tanah longsor di Dusun Kapuhan, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur pada pukul 13.30 WIB.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di Kecamatan Borobudur pada Selasa (11/10/2022) dari siang hingga sore hari telah menyebabkan tebing setinggi 15 meter dengan panjang 25 meter yang terletak di Dusun Kapuan dan Kerukmunggang, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur longsor sekitar pukul 13.30 WIB dan berdampak pada kerusakan rumah warga.

"Dampak tanah longsor satu rumah warga rusak ringan, dan dua rumah warga terancam," terang Edi.

Untuk bencana banjir bandang di Dusun Nalan III, Desa Kenalan, upaya penanganan darurat dengan kaji cepat, koordinasi dengan Pemdes Kenalan dengan penanganan darurat bersama tim gabungan.

Dan penanganan darurat di Desa Majaksingi, dilakukan koordinasi dengan Pemdes Majaksingi, dengan penanganan pada Rabu (12/10/2022). (cha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com