Lokal Folk, Kafe Recommended di Jalan Pahlawan Kota Magelang

Lokal Folk, Kafe Recommended di Jalan Pahlawan Kota Magelang

HITS. Kafe bernuansa lokal di Jalan Pahlawan, Kota Magelang, Lokal Folk adalah salah satu kafe hits yang cocok jadi tempat tongkrongan.(foto : larasati putri/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – Salah satu kafe di Jalan Pahlawan Kota Magelang, Lokal Folk memiliki visi  “giving a good life”  sebagai konsep yang diperkenalkan ke customer. Berfokus kepada potensi-potensi yang ada di wilayah lokal, Lokal Folk berkomitmen menggunakan bahan-bahan lokal sebagai menu utama.

Kafe ini mengombinasikan bangunan Belanda dan sentuhan artistik modern untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada setiap pengunjungnya. Tema pop chic bernuansa pink dan hijau misalnya, dipilih untuk menghadirkan kesan modernitas di dalam bangunan yang berarsitek zaman dulu (jadul) itu.

Direktur Operasional Lokal Folk, Hans mengatakan, kafenya memang memiliki arti warga lokal. Tak ayal jika Lokal Folk selama ini berfokus kepada pengembangan sumber daya lokal mulai dari bahan makanan, minuman hingga para karyawannya.

“Kami fokus kepada upgrading local food, local drink, local ingredient by local people. Hal ini terus dijaga sebagai spirit kita untuk mengangkat potensi bahan-bahan lokal yang masih kurang dimanfaatkan dengan baik,” kata Hans, Minggu, 16 Oktober 2022.

Pengembangan menu-menu seperti ayam sambal matah, lodeh, dan makanan-makanan lokal yang justru kurang diminati masyarakat Magelang, dimanfaatkan dengan baik oleh Lokal Folk. Dengan balutan modern, makanan ini menjadi tak sekadar jadi makanan rumahan.

Demikian halnya dengan salah satu minuman kebanggan kafe ini, yakni Coco Fold. Minuman ini berbahan utama dari minuman tradisional 'badek'.

“Sesuai dengan konsep Lokal Folk, kita prefer (lebih suka) mengusung bahan-bahan lokal sebagai main menu kita. Kita olah dan dikolaborasikan dengan teknik atau komponen modern agar menghadirkan kesan makanan lokal yang enak dan unik,” tambahnya.

Tidak hanya dari sisi makanan, Lokal Folk juga sadar pentingnya hidup baik dari segi manusia. Memulai dari para barista dan waiters yang diajarkan untuk terus memberikan pelayanan terbaik ke customer, seperti senyum, sapa, dan akrab.

"Pelayanan terbaik kepada customer adalah kunci utama. Kita belajar banyak terkait sequence of service bagaimana cara menyapa yang baik, jadi teman yang baik untuk pelanggan Lokal Folk. Kami ingin Lokal Folk bisa jadi tempat perayaan, tempat makan, atau tempat bersanta yang nyaman untuk pelanggan,” ungkap Hans.

Di samping itu, Lokal Folk turut menciptakan suasana persaingan bisnis yang positif dengan kegiatan-kegiatan yang menarik. Kegiatan rutin yang diadakan Lokal Folk berkonsep take-over bar atau pengambil alihan bar oleh barista dari luar Lokal Folk.

Kegiatan take over ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar-kafe. Sebab para barista bisa menjual hidangan khas kafe mereka di situ untuk diperkenalkan ke customer.

"Harapan kedepannya kita akan terus ada invitation untuk coffee shop untuk take-over bar karena pada akhirnya semua sama, kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer. Jadi kami ingin, tidak ada serang menyerang antar-kafe. Toh, tujuan akhir dari bisnis kuliner yang ada adalah peningkatan pariwisata di Magelang,” ungkap Hans. (mg4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com