Jaring Atlet Berlaga di Tingkat Jateng, LP Maarif NU Gelar Porsema XII

 Jaring Atlet Berlaga di Tingkat Jateng, LP Maarif NU Gelar Porsema XII

ATRAKSI. Marching Band SMK VIP Maarif NU 1 Kemiri saat beratraksi usai upacara pembukaan Porsema LP Maarif NU Purworejo ke-XII. (foto : Lukman Hakim/Purworejo Ekspres)--Magelangekspres.com

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Lembaga Pendidikan Maarif NU Kabupaten Purworejo menggelar Pekan Olahraga dan Seni Maarif (Persema) ke-XII tahun 2022, Sabtu 19 November 2022.

Kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Kemiri tersebut diikuti oleh ratusan siswa utusan sekolah atau madrasah yang bernaung di bawah Maarif NU Purworejo.

Ketua LP Maarif NU Kabupaten Purworejo, Muhammad Hamron Rosyadi SPd I MPd saat ditemui di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk menjaring atlet-atlet asal Purworejo yang akan berlaga di Porsema tingkat Provinsi Jawa Tengah pada bulan Februari tahun 2023 mendatang.

Disinggung mengenai target di Porsema Jateng, Hamron mengaku tidak memasang target muluk-muluk. Namun berkaca dari kegiatan Porsema tingkat Jateng tahun-tahun lalu, kontingen LP Maarif Purworejo selalu membawa pulang sejumlah tropi.

"Yang pasti ini kita siapkan maksimal supaya tradisi membawa pulang tropi juara dari cabang-cabang unggulan ini dapat kita pertahankan, syukur bisa ditambah," tandasnya.

Sementara itu, dalam upacara pembukaan wakil bupati Yuli Hastuti mengatakan, Porsema merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga dan seni, dimana dari ajang tersebut sering muncul atlet dan artis berbakat dan berprestasi.

Porsema menjadi wahana untuk mengukur dan mencari bibit dari usia dini dan juga sebagai barometer bagi guru olahraga dan seni di kalangan lembaga pendidikan Maarif.

"Peserta Porsema tentunya datang dengan satu tekad, yakni memberikan kemampuan terbaiknya dalam berkompetisi serta meraih prestasi tertinggi. Prestasi tersebut hendaknya kalian raih dengan cara-cara yang terdidik dan terhormat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas," pungkasnya
Ketua Panitia M Churdaini MPd melaporkan, kegiatan PORSEMA mempertandingkan 23 cabang terbagi untuk, 40 SD/MI, 19 SMP/MTs, 8 SMA/MA/SMK. Jumplah peserta  mencapai 1748 siswa,  802 dari  SD/MI, 633 SMP/MTs, dan 313 SMA/MA/SMK.

“Acara dipusatkan di SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri dan lingkungan Kecamatan Kemiri,” jelasnya.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan balon udara, serta dimeriahkan pencak silat dari perguruan Pagar Nusa dan Marching Band SMK VIP Ma'arif NU 1 Kemiri. (luk)

Sumber: magelangekspres.com