4 Kiat Mengatur Keuangan untuk Berangkat Haji dan Umrah, Cek di Sini

4 Kiat Mengatur Keuangan untuk Berangkat Haji dan Umrah, Cek di Sini

--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Menunaikan ibadah umrah atau haji merupakan ibadah panggilan Allah SWT yang sudah ditunggu-tunggu umat Islam. Namun, tetap harus ikhtiar untuk mewujudkannya keinginan tersebut dengan tetap menyandarkan harapan pada Allah SWT.

Untuk melaksanakan ibadah umrah maupun haji diperlukan persiapan mental dan fisik, serta perencanaan keuangan yang matang. Beda ibadah umrah dan haji adalah waktu pemberangkatannya. Kalau ibadah umrah dilakukan kapan saja, asalkan Pemerintah Arah Saudi membuka jadwal umrah dan kita mempunyai uang bisa berangkat. Peluang keberangkatan lebih banyak. Beda dengan ibadah haji yang hanya bisa dilakukan setahun sekali.

emberangkatannya pun diatur pemerintah. Untuk mendaftar haji pun harus menunggu daftar tunggu yang sangat panjang bisa sampai 20 tahun setelah mendaftar.

Namun begitu kita perlu menyiapkan keuangan mulai sekarang bila ingin menunaikan ibadah umrah dan haji. Ada empat kiat mengatur keuangan agar bisa mewujudkan impian beribadah ke tanah suci :

1. Bulatkan Niat. Sebelum merancang perjalanan kita harus memantapkan niat dan memperdalam pengetahuan untuk memahami makna di balik ibadah umrah dan haji terlebih dahulu.

2. Cari informasi tentang haji dan umrah.  Mencari informasi dan menggali lebih banyak pengetahuan terkait biaya yang diperlukan termasuk agen biro perjalanan sangat penting. Sebab, sebagian besar, perjalanan ke tanah suci tidak dilakukan secara mandiri pasti menggunakan travel agent.

3. Menabung  atau sisihkan pendapatan khusus untuk ibadah tersebut. Mulailah untuk menentukan jumlah yang harus disisihkan dari pendapatan setiap bulannya untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Biasakan disiplin dalam mengatur pengeluaran serta gaya hidup karena akan mempengaruhi proses pengumpulan dana.

4. Pilih tabungan yang tepat. Mulailah membuka tabungan dan sisihkan secara teratur dan rutin.  Sebagian bank pemerintah maupun non pemerintah menawarkan tabungan haji dan umrah. Pilih yang terbaik dan bermanfaat. (jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com