Musim Hujan Tiba, Simak 5 Tips agar Terhindar dari DBD

Musim Hujan Tiba, Simak 5 Tips agar Terhindar dari DBD

DEMAM BERDARAH. Nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang meningkat pada saat musim hujan.(foto : IST/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kondisi hujan yang terus-menerus melanda wilayah di Jawa Tengah bagian selatan dan tengah terutama dalam beberapa waktu terakhir memicu timbulnya beberapa penyakit. Salah satu yang patut diwaspadai adalah demam berdarah atau lebih dikenal dengan sebutan demam berdarah dengue (DBD).

Pada saat musim hujan populasi nyamuk pemicu DBD, Aedes aegypti akan meningkat karena habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan. Kondisi tersebut tentunya akan meningkatkan populasi nyamuk sehingga menyebabkan meningkatnya penularan penyakit DBD.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dampaknya bisa fatal jika tidak ditangani secara tepat dan cepat. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih waspada pada saat memasuki musim hujan.

Kebiasaan menumpuk pakaian kotor dan juga lingkungan yang kotor bisa membuat seseorang terkena DBD loh. Tapi bukan berarti penyakit ini tidak bisa kita cegah. Berikut 5 tips agar mencegah kehadiran nyamuk agar kita tidak terjangkit DBD.

1. Memasang jaring anti nyamuk pada ventilasi rumah agar nyamuk dari luar tidak dapat masuk ke dalam

2. Memasang kelambu untuk mencegah nyamuk menyelinap masuk
3.Memakai lotion atau krim anti nyamuk

4. Rajin membersihkan bak mandi atau ember penampungan air minimal seminggu sekali agar menghindari tempat berkembangbiaknya nyamuk

5. Menerapkan 3M Plus seperti intervensi lingkungan, kontrol kimia, kontrol perilaku dan juga vaksinasi untuk mendapatkan antibodi. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com