Mahasiswi Unimma Bekali Ibu-ibu PKK dengan Literasi Keuangan dalam Rumah Tangga

Mahasiswi Unimma Bekali Ibu-ibu PKK dengan Literasi Keuangan dalam Rumah Tangga

Foto ppt Unimma :Mahasiswi Unimma berfoto bersama usai melakukan kegiatan PPMT di Desa Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. --Magelangekspres.com

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID-Mahasiswi PPMT (Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melatih ibu-ibu PKK Desa Progowati, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang dalam  peningkatan ilmu tentang literasi keuangan di dalam keluarga. Kegiatan selama satu hari pada hari Minggu 8 Januari 2023 dan dipandu oleh dosen pembimbing PPMT yaitu Aftina Nurul Husna, S.Psi.,MA.

Kegiatan tersebut merupakan satu diantara program kerja 6 mahasiswa PPMT di Desa Progowati, Kecamatan Mungid,Kabupaten Magelang. Mereka adalah Izzatunissa Rizqi Rahmadani (Manajemen), Luthfiati Nur Fadhia (Manajemen), Nurwanisa Luthfa Amalia (Manajemen), Nahdiatul Aisyah (Akuntansi) dan Alvina Anggraeni Kumalaningtiyas (Akuntansi).

Anggota PKK Desa Progowati merasakan minimnya pengetahuan tentang bagaimana cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga, termasuk bagaimana cara meminimalisir hutang, menabung dan berinventasi jangka panjang dan membagi keuangannya ke dalam kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. "Mereka  selalu mengeluh tentang keuangannya sehingga hal ini yang melatarbelakangi mahasiswi PPMT Unimma melaksanakan penyuluhan pentingnya literasi keuangan dalam keluarga yang ditujukan kepada ibu ibu PKK tersebut, " terang Aftina Nurul Husna.

Dalam pelaksanaanya mahasiswi PPMT Unimma menggunakan perantara pertemuan rutin PKK di Dusun Nariban Desa Progowati untuk melakukan penyuluhan literasi keuangan dalam keluarga dengan media proyektor agar mudah dipahami oleh peserta. Diharapkan mereka dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan dalam kehidupan sehari sehari dalam rumah tangganya.

Disebutkan, Desa Progowati masih mengandalkan sektor pertanian persawahan yang terbentang luas dan masih mempunyai lingkungan yang hijau dan asri. Selain itu, sejumlah warga di desa tersebut juga memiliki usaha rafting dengan resort yang masih beroperasi aktif. Dengan potensi wisata alam  yang menarik maka Desa Progowati dijuluki sebagai desa wisata Kabupaten Magelang.(rls/me)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com