Selamat! Kinerja OPD Pemkot Magelang Triwulan IV 2022 Hijau

Selamat! Kinerja OPD Pemkot Magelang Triwulan IV 2022 Hijau

BANGGA. Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengaku apresiasi dan bangga kinerja OPD Pemkot Magelang dianggap baik pada triwulan terakhir tahun 2022.(foto : instagram dokter aziz/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Magelang pada triwulan terakhir tahun 2022 dianggap baik. Hal itu terungkap saat Pemkot Magelang mengadakan rapat koordinasi pengendalian operasional kegiatan (Rakorpok) di Aula Adipura Kencana, Kantor Walikota Magelang, Rabu, 25 Januari 2023.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota  Magelang, Handini Rahayu mengatakan, Rakorpok saat ini untuk menilai hasil kinerja OPD pada triwulan keempat tahun 2022. Dia menyebut, capaian atau serapan setiap OPD di Pemkot Magelang dalam kondisi yang bagus.

"Kita dalam posisi hijau, sesuai dengan target yang direncanakan tahun 2022. Begitu juga dengan capaian fisiknya," kata Dini, sapaan akrab Handini Rahayu.

Tidak hanya mengevaluasi, Rakorpok juga memberikan hasil evaluasi setiap OPD melalui Indeks Kinerja OPD. Diharapkan melalui Rakorpok, OPD mampu meningkatkan kinerja sesuai yang digariskan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PANRB.

"Jadi kita tidak hanya kerja tapi berkinerja. Oleh karena itu kita buat Indeks Kinerja OPD yang akan dilakukan secara triwulan atau 4 kali setahun," jelas Dini.

Adapun pembobotan tertimbang mempertimbangkan aspek realisasi serapan anggaran sebanyak 20 persen, realisasi fisik sebesar 20 persen, indikator kinerja program sebesar 5 persen, dan capaian peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) dengan bobot 10 persen.

Hasil penilaian OPD tahun 2022 menghasilkan beberapa OPD berprestasi. Salah satunya Dinas Perhubungan yang menduduki peringkat pertama terbaik.

Kemudian pada peringkat kedua dihuni oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), dan Bappeda sebagai peringkat ketiga.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz pada kesempatan itu menginginkan agar Rakorpok tak hanya sebagai ajang diskusi dan evaluasi kinerja. Lebih dari itu, dia meminta seluruh OPD Pemkot Magelang dapat memanfaatkan ajang ini untuk mempererat kolerasi dan silaturahmi.

"Kita buat Rakorpok ini menjadi tempat silaturahmi, adu argumentasi. Sebelum hadir semestinya sudah membawa bekal apa yang akan disampaikan atau didiskusikan di forum ini," kata Aziz.

Menurut dia, tugas kepala daerah hanya memberikan dorongan dan arahan terkait hal-hal yang dieksekusi OPD. Dengan keberhasilan capaian kinerja di tahun 2022 ini, Aziz pun memberikan apresiasi.

"Berbagai prestasi yang diraih Pemkot Magelang selama ini tidak lain adalah hasil kerja keras OPD. Bukan semata di tangan walikota dan wakil walikota," tandasnya.

Senada disampaikan Wakil Walikota Magelang M Mansyur. Dia menyatakan, Rakorpok yang diselenggarakan setiap 3 bulan ini diharapkan menjadi forum diskusi yang menyenangkan. Dia juga mendorong agar OPD senantiasa termotivasi untuk bersikap positif.

"Rakorpok ini mudah-mudahan menyenangkan. Kerja serius tap harus dengan hati yang gembira, Insya Allah beres," tandas Mansyur. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com