KPU Ajak Siswa SMP di Magelang Cerdas dan Cermat Berdemokrasi

KPU Ajak Siswa SMP di Magelang Cerdas dan Cermat Berdemokrasi

PEMAPARAN. Tim dari KPU Kota Magelang saat menyampaikan tentang pendidikan Demokrasi kepada SMPN 9 Magelang, Sabtu 4 Februari 2023.(foto : Heni/magelang ekspres)--magelang ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - KPU Kota Magelang hadir di SMP N 9 Magelang dalam rangka pendidikan pemilih yang mengusung tema “Suaraku Demokrasiku”.
Program ini merupakan bagian dari Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila, implementasi dari Kurikulum Merdeka, pada Kamis pagi 3 Februari 2023.

Sebanyak 200 siswa kelas VII mengikuti kegiatan tersebut di aula sekolah.
Pemilu, demokrasi dan pemilih cerdas menjadi poin utama paparan yang disampaikan Anggota KPU Kota Magelang Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Ig Bambang Sarwodiono.
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman materi yang diberikan maka dalam kegiatan pendidikan pemilih ini diadakan lomba cerdas cermat yang diikuti dua siswa dari masing-masing kelompok.

Ig Bambang Sarwodiono mengatakan pihaknya menyambut baik atas undangan pihak SMPN 9 Magelang.

“Semoga kegiatan ini dapat berkontribusi menumbuhkan karakter pemilih cerdas untuk pemilu yang lebih baik di masa mendatang. Di saat para siswa ini telah memenuhi syarat untuk menjadi pemilih,” kata Bambang.

Dalam pemaparannya Bambang menyampaikan, tentang demokrasi, tujuannya dan pentingnya pemilu, kemudian menjadi pemilih cerdas, tujuannya membekali pra pemilih.
Sehingga pada saatnya sudah mempunyai hak pilih, mau menggunakan hak pilihnya tidak golput dan memilih bukan karena iming-iming, tetapi memilih karena melihat rekam jejak, latar belakang, visi misi dan program kerja yang dipilih.

"Harapannya kedepan sebagai generasi penerus bangsa mereka dapat menjadi bagian dalam membangun demokrasi Indonesia baik sebagai penyelenggara maupun berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu," tutur Bambang.

Kepala Sekolah SMPN 9 Magelang, Siti Yulaeha menjelaskan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekolah.

Selain itu juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk ‘Mengalami Pengetahuan’ sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitar.

"Salah satunya yaitu melalui penerapan tema Suara Demokrasi di lingkungan sekolah.

“Tujuan umum Proyek Penguatan P5 dengan tema Suara Demokrasi ini adalah agar para siswa mampu mengimplementasikan sistem demokrasi pada satuan pendidikan, membentuk kaderisasi kepemimpinan yang demokratis guna menampung aspirasi siswa SMP Negeri 9 Magelang dan secara khusus melatih siswa untuk berorganisasi serta menyalurkan minat bakat siswa dalam berorganisasi," jelasnya. (hen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com