Jaga Stabilitas Perekonomian, Pemkot Magelang Buka Bazar dan Pasar Murah

Jaga Stabilitas Perekonomian, Pemkot Magelang Buka Bazar dan Pasar Murah

Pemkot Magelang menggelar bazar UMKM dan pasar murah di Alun-alun. -Hendri Saputra-Magelang Ekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Kegiatan Bazar UMKM dan Pasar Murah yang  berlangsung di Alun-alun Kota Magelang menjadi wadah untuk menjual serta memperkenalkan produk-produk UMKM yang ada.

Kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota Magelang ini memiliki beberapa tujuan yaitu sebagai wujud hadirnya pemerintah khususnya dalam menjaga stabilitas perputaran perekonomian pada saat menjelang Idul Fitri.

Cukup kompleks, bazar murah ini turut menyediakan komoditas kebutuhan pokok sehari-hari baik sandang maupun pangan. Selain itu, untuk harga lebih murah dibandingkan harga pasaran yang ada.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang, Saifullah menjelaskan, kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri cenderung meningkat.

Oleh karena itu salah satu upaya yang dilakukan adalah memberdayakan ekonomi masyarakat dengan menyediakan fasilitas barang kebutuhan.

"Bazar UMKM dan Pasar Murah tahun 2023 ini untuk memenuhi ketersediaan akan kebutuhan minimal bahan pokok bagi masyarakat kurang mampu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H," terang Saifullah.

Bazar dibuka mulai pukul 09.00-15.00 WIB dengan peserta antara lain dari Dharma Wanita, Tim Penggerak PKK, IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) dan GOW (Gabungan Organisasi Wanita).

Selain itu, ada berbagai tenant dari Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Kelurahan Se-Kota Magelang, Kodim 0705/Magelang, Bulog, Indomaret, Alfamart, Gardena, serta para Pelaku UMKM Kota Magelang.

"Produk-produk yang disediakan oleh peserta antara lain sembako murah pakaian, dan berbagai produk UMKM Kota Magelang," imbuh Saifullah.

BACA JUGA : Disperindag Kota Magelang Tunggu Arahan Pusat, Soal Larangan Peredaran Rokok Ketengan

Sementara itu, Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menambahkan, sebelum Lebaran, Pemkot Magelang rutin menggelar pameran UMKM dengan harapan kegiatan ini bisa membantu masyarakat.

"Tentunya dengan harga dibawah harga pasar, dan ini cara pemerintah membantu warganya," imbuhnya.

Menurutnya, Kota Magelang tidak masuk dalam daerah yang kena dampak inflasi di Indonesia. Walaupun demikian, melalui kegiatan-kegiatan ini turut meningkatkan ekonomi Kota Magelang, serta mengurangi kemiskinan.

Ditambahkan Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Kota Magelang, Trihanto bahwa Bazar UMKM dan Pasar Murah ini menjadi ajang untuk UMKM Kota Magelang mempromosikan produk-produk yang mereka punya.

Peserta kegiatan ini mencapai 70 UMKM, selain dari masyarakat Kota Magelang juga ada dari berbagai UMKM binaan Lembaga-lembaga pemerintahan, LSM dan beberapa pasar modern.

Devi Aprilia putri (30) salah satu peserta UMKM mengharapkan bahwa bukan hanya satu hari saja kegiatan ini berlangsung tapi diadakan sesering mungkin. Sebab, dengan adanya kegiatan ini menjadi wadah bagi mereka untuk meningkatkan penjualan produk. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com