Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H Jatuh Pada Sabtu 22 April 2023

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1444 H Jatuh Pada Sabtu 22 April 2023

ilustrasi hilal penetapan 1 Syawal-(foto : istimewa/magelang ekspres)-Magelang Ekspres

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2022.

Keputusan itu setelah melaui Sidang Isbat, yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi Kemenag secara tertutup, Kamis, 20 April 2023 petang.

Sidang Isbat itu sendiri diawali dengan seminar pemaparan posisi hilal yang dimulai pukul 17.00 WIB.  

Seminar posisi hilal ini dilaksanakan Kemenag secara terbuka untuk umum. Kemenag bahkan menyediakan live streaming di kanal YouTube mereka.

Lalu, dilanjutkan dengan sidang isbat yang dimulai setelah shalat Maghrib atau sekitar pukul 18.15 WIB secara tertutup.

Baca Juga : Daftar Lokasi Sholat Idul Fitri Muhammadiyah 21 April 2023 di Magelang

Setelah dicapai keputusan, Yaqut Cholil Qoumas dan sejumlah perwakilan dari pihak lain memberikan hasil sidang isbat penetapan Idulfitri 2023 dalam konferensi pers yang digelar pada pukul 19.05 WIB.


Menag Yaqut Cholil Qoumas-(foto : tangkapan layar/magelang ekspres

“Hilal di seluruh Indonesia pada posisi nol derajat, sehingga apakah hilal itu bisa dilihat atau tidak. Dalam menetapkan awal bulan qomariah, Idul Adha, Ramadan, tentu melibatkan para pakar dan ormas-ormas Islam di Indonesia,” kata Menag Yaqut dalam konferensi pers.

Sebelumnya, anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Khafid memaparkan data posisi hilal pada Sidang Isbat Awal Syawal 1444 H.

Baca Juga : Tata Cara Shalat Idul Fitri yang Disunnahkan Rasulullah, Simak Penjelasannya!

"Data hilalnya jadi ketinggiannya 0,75 sampai 2,25 derajat di Aceh kalau pun sampai Sabang belum memenuhi imkan rukyat,” jelasnya.

Sementara, peta elongasi, secara global mensyaratkan 6,4 derajat sedangkan di Indonesia baru di Aceh 3 derajat. Dengan kata lain elongasinya pun belum memenuhi kriteria.

Khafid yang juga Kepala Pusat Pemetaan Tata Ruang dan Atlas Badan Informasi Geospasial (BIG) ini mengatakan, hilal belum bisa diamati di berbagai wilayah.

“Hilal masih belum memenuhi kriteria. Artinya akan sulit untuk dilihat atau bahkan tidak mungkin untuk dilihat," ucapnya.

Di sisi lain, Muhammadiyah jauh-jauh hari sudah mengumumkan, 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, tanggal 21 April 2023.

Menyikapi perbedaan ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah menerbitkan surat edaran penyelenggaraan Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 M.

Dalam Edaran No SE 05 tahun 2023 ini, Menag mengimbau umat Islam menjaga ukhuwah Islamiyah dalam menyikapi perbedaan awal Syawal 1444 H/2023 M. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.id