Nasdem dan PDIP Daftarkan Bacaleg Lebih Awal

Nasdem dan PDIP Daftarkan Bacaleg Lebih Awal

ADMINISTRASI. Ketua DPC PDIP Temanggung (baju merah) menyerahkan berkas administrasi saat pendaftaran bacaleg di kantor KPU Temanggung, Kamis, 11 Mei 2023.-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Temanggung menargetkan 12 kursi pada pemilihan legislatif (pileg) 2024 mendatang, sedangkan Partai Nasdem hanya menargetkan 6 kursi.

Target tersebut disampaikan oleh masing-masing ketua partai politik (parpol) saat mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung, Kamis, 11 Mei 2023.

"Pada pemilu dan pileg mendatang, kami targetkan setiap daerah pemilihan (dapil) bisa mendapatkan 2 kursi," kata Ketua DPC PDIP Temanggung Yunianto.

Jumlah kursi yang ditargetkan ini jauh lebih banyak dari jumlah yang saat ini diperoleh PDIP Temanggung yakni 9 kursi.

BACA JUGA:Petani Tembakau di Temanggung Tolak Pasal 154 RUU Omnibus Law Kesehatan

Menurutnya, untuk meraih target tersebut pihaknya sudah menyiapkan strategi khusus, salah satunya dengan strategi comandante. Dengan strategi ini diharapkan mampu mendulang suara yang banyak dan membawa calon dari PDIP untuk duduk di kursi DPRD Temanggung.

"Ada beberapa strategi, salah satunya Komandante, kami yakin strategi ini bisa meningkatkan jumlah kursi yang akan kami raih pada pemilu mendatang," harapnya.

Setidaknya, kata Yunianto, ada 44 bacaleg yang didaftarkan pada pemilu 2024, yang  diharapkan mampu memenuhi target di setiap dapilnya.

"Untuk kuota perempuan kami melebihi target, kami akan tunggu hasil verifikasinya," katanya.

BACA JUGA:Pemohon SKCK di Polres Temanggung Meningkat, Capai Ratusan Perminggu

Sedangkan Ketua Partai Nasdem Temanggung M Sayid mengatakan, pihaknya menargetkan bisa mendapatkan satu kursi di setiap daerah pemilihan (Dapil) di Temanggung.

"Di Temanggung ada enam dapil, target kami bisa mendapatkan enam kursi," katanya.

Ketua KPU Temanggung M Yusuf Hasyim mengatakan, dua parpol peserta Pemilu 2024 mendaftarkan bacalegnya di kantor KPU Temanggung, Kamis, 11 Mei 2023.

Sejak dibuka pada tanggal 1 Mei lalu, sudah ada beberapa parpol yang datang ke kantor KPU untuk konsultasi terkait dengan pendaftaran bacaleg.

Namun katanya, pendaftaran dari parpol baru dilakukan pada hari ini (Kamis_red), Partai Nasdem menjadi salah satu parpol yang mendaftar lebih awal.

"Tadi kami terima dari Partai Nasdem sekitar pukul 11.00, dan PDIP datang sekitar pukul 15.00 wib," katanya.

BACA JUGA:Pasca Idul Fitri, Harga Kepokmas di Temanggung Naik Signifikan

Sesuai dengan regulasi yang ada lanjut Yusuf, pendaftaran Bacaleg akan berakhir pada tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB. Sampai saat ini masih ada waktu beberapa hari hingga penutupan pendaftaran bacaleg.

"Semua parpol sudah melayangkan surat pemberitahuan akan melakukan pendaftaran, kami akan terima sesuai dengan jadwal yang disampaikan kepada kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres