Membanggakan, Mahasiswa Polbangtan Borong Medali Kejuaran Silat Nasional

Membanggakan, Mahasiswa Polbangtan Borong Medali Kejuaran Silat Nasional

Mahasiswa Polbangtan borong medali Kejuaran Silat Nasional, Magelang Championship 2 Tahun 2023--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Olahraga menjadi bagian penting dalam pembangunan karakter mahasiswa. Mengingat pentingnya Olahraga, Kementerian Pertanian terus mendorong mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) tak hanya melakukan Olahraga untuk beraktivitas fisik, namun juga menorehkan prestasinya.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Polbangtan Yogyakarta Magelang. Mereka berhasil membawa 30 medali dalam kejuaraan Magelang Championship 2 Tahun 2023 yang digelar pekan lalu.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yakin dengan olahraga, mahasiswa mengasah sikap bertangung jawab, saling menghormati, tekun, jujur, berintegritas dan melatih kemampuan kerjasama.

“Tiga hal penting dalam pembangunan pertanian yakni pertama, frame academic intelectual terisi dengan ilmu pertaniannya, kedua management agenda untuk meningkatkan kapasitas dan menambah literasi, ketiga perilaku yang baik dan berkarakter.” papar Mentan Syahrul.

Menurutnya, olahraga menjadi instrument perubahan pola pikir mahasiswa dalam mewujudkan manusia berakhlak mulia. Hal ini dinilai strategis dalam konteks pengembangan kualitas generasi muda yang berakarakter.

Senada, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi di beberapa kesempatan menyebutkan petani milenial adalah harapan bangsa. Menurutnya, generasi muda berkarakter akan memperkokoh ketahanan nasional.

“Oleh sebab itu dari saat ini harus kita didik dan mempersiapkan serta menggenjot mentalnya, ilmu, keterampilan dan lain-lain, agar mereka menjadi petani yang terampil, tangguh dan profesional,” himbau Dedi.

Hal ini terus dilakukan oleh Polbangtan Yogyakarta Magelang. Melalui berbagai agenda intelektual dan pembangunan karakter mahasiswa. Salah satunya dengan menerjunkan 30 mahasiswanya ke ajang silat nasional. 

Disampaikan oleh Ketua Jurusan Peternakan Polbangtan Yogyakarta Magelang, Sumaryanto, sebanyak 12 mahasiswa jurusan pertanian dan 18 mahasiswa jurusan peternakan ikut berlaga. Mereka terjun di kelas tanding dan seni.

“Seluruh atlit berhasil membawa pulang medali. Hal ini menjadi kebanggan bagi kita semua.” ungkapnya di depan seluruh pegawai dan mahasiswa (5/6).

Menurutnya, kesuksesan ini merupakan salah satu hasil dari pembinaan karakter mahasiswa. Seluruh atlit memperlihatkan sportivitas dalam berlaga. Tak hanya itu, Sumaryanto mengatakan dengan keikutsertaan mahasiswa, mereka mampu memperkenalkan Polbangtan Yogyakarta Magelang di mata publik.

Ia berharap muncul lebih banyak prestasi dari cabang olahraga lain yang dapat dijadikan motivasi dalam mengembangkan potensi mahasiswa. (Osi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: polbangtan yoma