Partisipasi Pemilu 2019 di Kota Magelang Capai 86%, 2024 KPU Naik Target Jadi 88%

Partisipasi Pemilu 2019 di Kota Magelang Capai 86%, 2024 KPU Naik Target Jadi 88%

Usai diumumkan KPU Kota Magelang akan langsung menempel DPT Pemilu 2024 tersebar di seluruh RW-FOTO : WIWID ARIF/MAGELANG EKSPRES-

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 naik dibanding pemilu 2019 lalu.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron mengaku optimistis jumlah masyarakat yang mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 nanti jumlahnya akan bertambah dibandingkan dengan Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 lalu.

BACA JUGA:Segini Jumlah DPT Pemilu 2024 di Kota Magelang, Pemilih Perempuan Lebih Banyak Dibanding Laki-laki

Untuk diketahui, angka partisipasi masyarakat mendatangi TPS pada Pemilu 2019 di Kota Magelang tercatat sebanyak 86,3 persen dari 90.438 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"KPU RI menargetkan 79 persen masyarakat mendatangi TPS se-Indonesia. Untuk target di Kota Magelang ini, semoga bisa tercapai 88 persen atau lebih," kata Basmar Perianto Amron, Kamis 22 Juni 2023.

BACA JUGA:Berikut Ini Jumlah DPT Pemilu 2024 Kota Magelang per Kecamatan

Rasa optimisme ini bukan tanpa alasan. Terlebih saat ini di Kota Magelang terjadi tambahan DPT yang sebagian besar didominasi kalangan pemilih pemula.

"Saya masih berkeyakinan bila pemilih pemula saat ini lebih peduli, terutama dalam menyuarakkan hak pilihnya ke TPS. Apalagi ada Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif, yang biasanya partai-partai akan mendorong supaya masyarakat datang ke TPS," ujarnya.

BACA JUGA:KPU Kota Magelang Minta Parpol Segera Lengkapi Kekurangan Berkas Bacaleg

Basmar Perianto Amron menuturkan, penambahan sekitar 7.000 pemilih yang terdaftar di DPT pada Pemilu 2024 mendatang, sebagian besar didominasi pemilih pemula.

"Kami yakin target partisipasi masyarakat di Kota Magelang akan bertambah banyak tahun depan. Apalagi, KPU Kota Magelang sudah sedari awal menggencarkan sosialisasi dan edukasi terkait pemilihan umum di kalangan milenial, seperti pendidikan, ormas kepemudaan, dan lain sebagainya," terangnya. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres