Gempa Susulan Berpusat di Bantul Yogyakarta Malam Ini Terjadi Sampai 10 Kali

Gempa Susulan Berpusat di Bantul Yogyakarta Malam Ini Terjadi Sampai 10 Kali

Waspadai gempa susulan yang berusat di Bantul Jogakarta--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Setelah gempa berkuatan 6,4 magnitudo yang berpusat di Laut Selatan Bantul, Jogjakarta, gempa susulan dengan kekuatan 3,5 magnitudo di titik yang tidak jauh berbeda.

Gempa susulan ini diinformasikan BMKG tak lama setelah gempa pertama 6,4 magnitudo pada pukul 19.47 WIB, Jumat 30 Juni 2023.

Gempa susulan terjadi pukul 20.31 WIB. Berdasarkan laporan awal BMKG, gempa ini terjadi pada pukul 20.31 WIB, dengan koordinat 8.51 Lintang Selatan dan 110.07 Bujur Timur.

Tepatnya berada di 74 kilometer barat daya Bantul Yogyakarta. Kedalaman gempa berasal di dalam 39 kilometer di bawah permukaan laut.

"Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," tulis akun @BMKG.

BACA JUGA:Gempa Berkekuatan 6,4 M Berpusat di Bantul Jogja Guncang Pulau Jawa

BMKG mencatat sejak gempa kali pertama terjadi pada jam 19.57 WIB di Barat Daya Bantul, tercatat sudah lima kali terjadi gempa susulan.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa gempa susulan terjadi sudah mencapai 10 kali. Namun, magnitudonya merendah.

Pada gempa pertama kali Jumat, 30 Juni 2023 pukul 19.47 WIB, magnitudo gempa tercatat mencapai 6.4. Sedangkan gempa susulan rata-rata 3.0 magnitudo dan nyaris tidak dapat dirasakan di daerah sekitar.

Menurut Dwikorita, penyebab gempa yang dirasakan hampir di semua titik di Pulau Jawa dan berpusat di Bantul DI Yogyakarta itu terjadi karena adanya aktivitas tektonik.

Aktivitas tektonik terjadi bila ada tumbukan antara dua lempeng. Pada kasus gempa malam ini dua lempeng yang bertumbukan yakni Lempeng Samudera Hindia dan Benua Asia.

Sebelumnya, BMKG merilis informasi gempa melalui akun twitter yang berpusat di 8.63 Lintang Selatan, 110.08 Bujur Timur atau 86 kilometer barat daya Bantul DI Yogyakarta.

BACA JUGA:Korban Gempa Bantul, 1 Orang Meninggal 28 Bangunan Rusak

Tidak Berpotensi Tsunami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres