HEBAT! Ini Cara Finlandia Sukses Memiliki Sistem Pendidikan yang Luar Biasa

HEBAT! Ini Cara Finlandia Sukses Memiliki Sistem Pendidikan yang Luar Biasa

Ilustrasi Sistem Pendidikan Finlandia yang Banyak Mendapatkan Pujian--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Meskipun tidak semua anak Finlandia pintar secara inheren, sistem pendidikan mereka memberikan kesempatan yang baik bagi mereka untuk mengembangkan potensi mereka.

Sistem pendidikan di Finlandia didasarkan pada pendekatan holistik yang memprioritaskan kebahagiaan dan kesejahteraan siswa, bukan hanya hasil akademik semata.

Anak-anak Finlandia terkenal karena sistem pendidikan yang kuat dan fokus pada kualitas. Finlandia telah berhasil mencapai prestasi tinggi dalam bidang pendidikan internasional.

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Suarakan Peran Penting Perempuan dan Kesetaraan Gender di Hari Kependudukan Dunia 2023

Anak-anak Finlandia diberi kebebasan untuk bereksperimen, mengeksplorasi minat mereka, dan belajar melalui pengalaman praktis. Mereka juga didorong untuk berpikir kritis, mengembangkan kemampuan kolaboratif, dan menjadi mandiri. Pendidikan dasar di Finlandia berfokus pada pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Kurikulumnya mencakup mata pelajaran inti seperti bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, dan seni, serta memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk bermain dan berkreasi. Anak-anak Finlandia juga memiliki kesempatan untuk memilih pelajaran tambahan sesuai minat dan bakat mereka.

BACA JUGA:Redam Jejak Karbon, Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit dan E-money Plastik Daur Ulang Pertama di Indonesia

Di tingkat menengah atas, siswa di Finlandia dapat memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan tujuan karir mereka. Ada program pendidikan umum yang berfokus pada studi akademis serta program kejuruan yang mempersiapkan siswa untuk bekerja setelah lulus.

Sistem ini memberikan fleksibilitas kepada siswa untuk mengikuti minat mereka dan membangun karir yang sesuai. Selain pendidikan formal, Finlandia juga memiliki budaya membaca yang kuat.

BACA JUGA:Fakta Candi Borobudur Dikelilingi Danau Purba yang Kering Sejak Tahun 660 M

Finlandia menjadi salah satu negara yang dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik. Dalam kancah internasional, nilai siswa-siswi mereka konsisten berada di peringkat teratas. World Economic Forum mencatat, negara di Eropa utara itu sukses unggul dalam hal pendidikan, di atas Amerika Serikat dan negara-negara di Asia Timur yang juga dikenal peringkat satu dalam matematika dan sains.

The Program for International Student Assessment (PISA) mengkategorikan Finlandia sebagai negara yang kaya dengan reformasi intelektual dan pendidikan. Finlandia juga dikenal sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: