Asal Usul Nama Aqua Ternyata Didirikan Seorang Jurnalis Asal Wonosobo

Asal Usul Nama Aqua Ternyata Didirikan Seorang Jurnalis Asal Wonosobo

PT Tirta Investama Wonosobo, salah satu pabrik Aqua di Wonosobo.-AGUS SUPRIYADI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Nama air mineral mungkin masih berasa asing bagi sebagian masyarakat Indonesia saat ini. Selain itu, pengucapan air mineral juga dianggap terlalu panjang, sehingga langka ada orang yang menyebut nama panjang itu.

Lain halnya bila orang mengucapkan nama Aqua. Ya, padahal Aqua bukan sebuah penamaan terhadap air mineral. Aqua adalah sebuah merek pertama kali sejarah air minum kemasan di Indonesia.

Aqua dianggap sebagai pelopor air minuman mineral dalam kemasan. Perusahaan ini berdiri sejak 1973. Aqua diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Indonesia.

Kini, meskipun terlihat sukses, tapi jarang diketahui jika merek kemasan legendaris ini pernah mengalami pasang surut. Bahkan kala itu di awal produksinya, Aqua sempat dicibir.

"Air putih kok dijual. Kan air banyak dan melimpah," ucap salah satu guru SMAN 1 Bandongan, Nur Kholik, saat memberikan motivasi kepada anak didiknya.

BACA JUGA:Luar Biasa! Akses Air Minum Kota Magelang Capai Angka Sempurna

Guru Mapel Geografi itu sempat menceritakan ide membuat air minum kemasan adalah gagasan yang nyeleneh dan terkesan 'gila'. Tapi sang pelopor tetap pada pendiriannya, hingga kini merek Aqua bisa dibilang adalah air minum kemasan orang Indonesia.

Kholik menceritakan, ide air minum kemasan ini diciptakan seorang jurnalis atau wartawan. Saat itu pria bernama Tirto Utomo alias Kwa Sien Biauw itu bertugas menemui delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat.

Sayangnya, jamuan yang disajikan membuat istri ketua delegasi itu diare. Penyebabnya karena dia meminum air yang tidak higienis.

Terang saja, sang istri langsung sakit perut. Bahkan aroma air tanah masih begitu terasa, meski suhu waktu dipanaskan sudah 100 derajat celcius.

BACA JUGA:Pembangunan Air Minum dan Sanitasi di Wonosobo Digelontor Rp40 Miliar Lebih

Tirto Utomo kemudian mengambil kesimpulan bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa dengan air minum yang dimasak. Mereka lebih terbiasa mengonsumsi air yang disterilkan.

Lewat temuan itulah, ia tergerak untuk memberikan inovasi baru untuk membuat air minum yang bersih dan layak dikonsumsi, yakni air mineral kemasan.

Asal Usul Nama Aqua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: