Bolehkah Membaca Al Quran Bagi Wanita yang Sedang Berhalangan atau Haid? Jawabannya Boleh Tapi...

Bolehkah Membaca Al Quran Bagi Wanita yang Sedang Berhalangan atau Haid? Jawabannya Boleh Tapi...

Hukum membaca Alquran bagi wanita yang sedang berhalangan-OUDA Images-CANVA

Dalam hal ini para ulama berbeda pendapat apakah wanita yang sedang haid boleh membaca Al Quran ataukah tidak.

Pendapat 4 Mazhab tentang Membaca Al Quran Bagi Wanita Haid

Ada pendapat yang mengharamkan adalah pendapat jumhur (mayoritas) ulama, yaitu mazhab Hanafi, Syafi’i, dan Hanbali. Sedangkan pendapat yang membolehkan adalah pendapat dari mazhab Maliki.

1. Mazhab Hanafi

Dalam mazhab ini wanita yang haid dilarang membaca Al-Quran walaupun hanya sebagian dari potongan satu ayat yang sekiranya merupakan susunan kalimat yang difahami manusia.

Namun tidak apa-apa jika hanya membaca mufradatnya atau kata-katanya saja dan juga diperbolehkan jika membacanya dengan niat berdzikir, memuji Allah Ta’ala tanpa meniatkan untuk membaca Al-Quran.

Kebolehan ini hanya berlaku jika ayat-ayat tersebut bernuansa doa tetapi jika ayatnya secara jelas tidak mengandung unsur doa maka haram membacanya seperti surah al-Masad.

BACA JUGA:Bolehkah Baca Alquran Pakai Nada dan Irama? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Dalam mazhab ini juga dibolehkan membaca Al-Quran dalam keadaan haid bagi seorang pengajar Al-Quran dengan syarat dia haruslah mengeja kata perkata. Dimakruhkan membaca ayat-ayat al-Quran yang telah dinasakh (dihapus) bacaannya. Adapun doa qunut, dzikir-dzikir dan doa-doa lainnya tidak diharamkan membacanya.

2. Mazhab Syafi’i

Dalam Mazhab Syafi’i seorang wanita haid diharamkan membaca Al-Quran walaupun hanya sebagian ayat, baik itu menggabungkan niat berdzikir dan membaca al-Quran ataupun hanya untuk membaca Al-Quran saja.

Hal ini ditujukan agar manusia lebih menghormati dan mengagungkan Al-Quran. Meskipun boleh membaca ayat Al-Quran yang bernuansa dzikir dan doa dengan syarat tidak meniatkan untuk membaca Al-Quran.

Tidak diharamkan pula membaca Al-Quran di dalam hati dengan tanpa menggerakkan bibir ataupun menggerakkan bibir dengan syarat dirinya tidak bisa mendengar bacaannya.

BACA JUGA:Ingin Awet Muda dan Tidak Pelupa? Rutinkan Membaca Alquran!

3. Mazhab Hanbali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenag