KPU Temanggung Sosialisasikan Pemilu pada Penyandang Disabilitas

KPU Temanggung Sosialisasikan Pemilu pada Penyandang Disabilitas

SIMULASI. KPU Temanggung memberikan simulasi pencoblosan pada penyandang disabilitas di Sentra Terpadu Kartini Temanggung-Setyo wuwuh/temanggung ekspres-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Pemilu 2024 menjadi ajang demokrasi bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Oleh karena itu simulasi pelaksana dan pencoblosan dilakukan bagi penyandang disabilitas di Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

"Sosialisasi dan simulasi ini memang wajib diberikan kepada mereka,karena mereka juga memiliki hak pilih yang sama dengan masyarakat lainnya,” kata Anggota KPU Temanggung, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Henry Sofyan.

Ia mengatakan pembekalan itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah angka partisipasi pemilih dari disabilitas, serta mengurangi surat suara yang tercoblos secara tidak sah pada Pemilu 2024 mendatang.

BACA JUGA:Santri Ponpes Al Musthofa Tebu Ireng di Temanggung Upacara Bendera Pakai Sarung

"Kami menyasar di penyandang difabel ini karena mempunyai hak memilih, hak menggunakan suara, dan itu hak semua orang, tidak pandang bulu, yang normal maupun difabel itu mempunyai hak yang sama," katanya.

Sebelum melakukan simulasi, petugas juga memberikan penjelasan tata cara mencoblos yang benar dan sah pada surat suara. Karena pada Pemilu 2024 mendatang terdapat lima surat suara, yakni surat suara untuk DPRD, DPRD Provinsi, DPD, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), serta surat suara Presiden dan Wakil Presiden.

Pemilih disabilitas, ia menegaskan menjadi satu komponen masyarakat yang memiliki hak dan berhak untuk berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu, serta menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024.

BACA JUGA:Berikut 3 Nama Pejabat Eselon yang Diusulkan Mengganti Sementara Jabatan Bupati Temanggung

"Saat pemungutan suara nanti, KPU Temanggung juga menyiapkan petugas dari PPS untuk memberikan layanan ramah terhadap disabilitas, serta juga menyediakan kursi roda dan tongkat kruk," imbuhnya.

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana menyambut baik upaya dari KPU dalam memberikan pendidikan Pemilu kepada para penerima manfaat di Sentra Terpadu Kartini di Temanggung ini.

"Sosialisasi itu sangat dipentingkan dan kami menyambut baik upaya dari temen-temen KPU Temanggung datang untuk memberikan pendidikan Pemilu bagi para penerima manfaat. Tidak hanya memberikan penjelasan kepada penerima manfaat, tetapi juga kepada para pendamping penerima manfaat. Sehingga setelah ini akan kami tindak lanjuti dan berkoordinasi untuk melakukan kegiatan yang selanjutnya," katanya. (set)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres