Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi-Raditya-Getty Images

MAGELANG EKSPRES -- Ketahui bahwa ada lebih dari 11 negara yang berani mengakui kemerdekaan Indonesia setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia diploklamirkan Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56.

Mewujudkan negara Merdeka bukanlah perkara mudah mengingat Indonesia saat itu masih dijajah oleh Jepang, namun berkat tekad yang kuat dari golangan muda dan golongan tua Indonesia berhasil melepaskan diri dari kedudukan penjajah.

Setelah Merdeka Indonesia tidak lantas berdiam diri, karena syarat membentuk negara Merdeka salah satunya ialah adanya pengakuan secara internasional dari negara lain.

Sebagai Upaya untuk mendapatkan pengakuan tersebut, beberapa tokoh bangsa ditugaskan untuk menjalankan misi diplomasi, salah satunya adalah H. Agus Salim yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri.

Berikut 10 negara yang mengakui kedaulatan Indonesia di awal masa kemerdekaan:

1. Mesir

Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia ialah Mesir. Secara de facto mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946, dan satu tahun kemudian tepatnya 10 Juni 1947 secara de jure Mesir mengakui kedaulatan Indonesia yang ditandai dengan pendatanganan perjanjian persahabatan.

Pengakuan Mesir terhadap Indonesia dilatar belakangi oleh kesamaan agama. Mesir juga meyakinkan negara lain seperti Arab Saudi, Qatar, Irak, Suriah untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

2. India

Meskipun India baru Merdeka tahun 1947, Kesamaan nasip sebagai negara terjajah, membuat India mengakui Indonesia sebagai negara yang Merdeka.

Moch Hatta delegasi dari Indonesia menjalin hubungan baik dengan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru, hal ini terlihat pada 20 Agustus 1946 Indonesia mengirimkan bantuan berupa padi untuk mengurangi kelaparan di India yang saat itu sedang diduduki kolonial Inggris.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Lokasi Pusat Kerajaan Mataram Kuno Bukan di Jogjakarta Faktanya Ada Di Sini

Selain itu Nehru juga berhasil mengumpulkan dukungan dari negara Sri Langka, Nepal, Libanon, Suriah serta Irak untuk mendesak Belanda meninggalkan Indonesia.

3. Suriah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: