Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi-Raditya-Getty Images

BACA JUGA:Fakta Candi Borobudur Dikelilingi Danau Purba yang Kering Sejak Tahun 660 M

10. Turki

Negara mayoritas muslim selanjutnya yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Turki.

Turki mendukung penuh perlawanan terhadap penjajah. Meski mendapat kecaman dari Belanda, tak menyurutkan dukungan Turki terhadap Indonesia khususnya pada kaum muslimin.

11. Australia

Negara persemakmuran Inggris ini juga sempat memberikan pengakuan tentang kemerdekaan RI. Australia sering dijadikan wakil dari Indonesia untuk melakukan komunikasi dan musyawarah di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Ketika PBB membentuk Komisi Tiga Negara (KTN) atau Komite Jasa Baik pada 26 Agustus 1947. KTN memiliki tiga negara anggota yang dipilih oleh Indonesia dan Belanda, yaitu Amerika Serikat (AS), Australia, dan Belgia.

Dalam KTN, Australia menjadi wakil Indonesia, Belgia merupakan pilihan Belanda, sementara AS adalah pihak penengah. Pada 20 Oktober 1947, tiga negara tersebut mengadakan pertemuan di Sydney, Australia, untuk membahas lebih lanjut terkait tugas KTN.

Dari 11 negara tersebut, satu-satunya negara yang mengakui kemerdekaan RI, meski Indonesia belum merdeka adalah Palestina.

Palestina pula yang mengakui kedaulatan RI, sebelum proklamasi tepatnya pada 6 September 1944.

Deklarasi dari Palestina sangatlah penting untuk memacu semangat perjuangan para pahlawan ke depannya. Tak heran jika masyarakat Indonesia dengan Palestina hingga kini seakan punya ikatan batin.

Selain karena seagama, penduduk Palestina lebih dulu mengakui kemerdekaan RI, ketika Indonesia masih berjuang melawan penjajahan Jepang dan Belanda.

Itulah 12 negara-negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: