Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

Bukan Palestina, Inilah 11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi

11 Negara yang Berani Mengakui Kemerdekaan Indonesia Setelah Proklamasi-Raditya-Getty Images

Pengakuan Suriah terhadap Indonesia secara de jure terjadi pada 2 Juli 1947. Hubungan bilateral Suriah dengan Indonesia hingga saat ini terjalin dengan baik. Hubungan ini nampak dari saling dukung dan Kerjasama yang dilakukan di sektor ekonomi, sosial, dan budaya.

4. Vatikan

Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pengakuan ini diberikan pada tanggal 6 Juli 1947, ditandai dengan dibentuknya Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

5. Irak

Setelah Vatikan, tak berselang lama Irak juga memberikan pengakuan atas kemerdekan Indonesia pada 16 Juli 1947. Sejak 1950 hingga saat ini Indonesia dangen Irak menjalin hubungan diplomatik yang baik.

BACA JUGA:Dahsyatnya Letusan Merapi Membuat Ibukota Kerajaan Mataram Dipindahkan

6. Lebanon

Selain Mesir dan Irak, negara Timur Tengah yang ikut mengakui kedaulatan Indonesia ialah Lebanon. Pengakuan Lebanon terhadap kedaulatan Indonesia disampaikan pada 29 Juli 1947. Pengakuan tersebut menciptakan Kerjasama antar Lembaga keagamaan.

7. Afganistan

Pengakuan kedaulatan Indonesia selanjutnya datang dari Afganistan pada 23 September 1947. Dengan pengakuan tersebut, Afganistan menjadi negara Islam ke lima yang meyakini kemerdekaan Indonesia.

8. Arab Saudi

Pada tanggal 21 November 1947 Arab Saudi mengakui kedaulatan Indonesia mengikuti jejak negara Islam lain yang sudah lebih dulu mengakui kemerdekaan Indonesia. Setelah pengakuan tersebut, kedua negara ini menjalin Kerjasama salah satunya adalah penyelenggaraan ibadah Haji dan Umroh.

Kuota Jemaah yang diberikan Arab Saudi kepada Indonesaia adalah yang terbanyak dari pada Negara lain.

9. Yaman

Negara Timur Tengah lain yang juga menjadi 10 negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia adalah Yaman. Yaman memberikan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia pada 3 Mei 1948.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: