Di Magelang, Grup Jual Beli Diramaikan dengan Penjualan Motor Merk Honda, eSAF Efek?

Di Magelang, Grup Jual Beli Diramaikan dengan Penjualan Motor Merk Honda, eSAF Efek?

Grup Jual Beli Motor Magelang didominasi motor merk Honda-TANGKAPAN LAYAR-FACEBOOK

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES Klarifikasi dari pihak Astra Honda Motor (AHM) tentang rangka eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame yang bisa dibeli konsumen dengan banderol Rp1,15 juta, justru memantik amarah netizen.

Bahkan di Magelang, banyak orang menjual sepeda motor Honda dengan harga di bawah standar lantaran khawatir video motor rangka patah yang viral di media sosial bakal dialami mereka.

Sudah sepekan ini penggunaan eSAF dituding netizen sebagai dalang dibalik banyak kasus sepeda motor Honda yang patah. Bahkan, rangka motor terlihat karatan meski unit baru saja digunakan kurang dari sepekan.

Honda bukannya menarik produk motor mereka yang menggunakan eSAF, tapi yang membuat netizen murka karena AHM justru menjual rangka motor eSAF baru dengan harga mencapai Rp1 jutaan.

"Kalau gini ujung-ujungnya jualan. Harusnya Honda menarik segala merk yang menggunakan eSAF. Bukan malah nyuruh buat beli, setahun berikutnya sudah rusak lagi, suruh ganti lagi," cuit netizen di Twitter atau X.

BACA JUGA:Xmax, Motor ke 1,5 Juta Yamaha yang Diekspor, Jadi ‘Kebanggaan Indonesia yang Mendunia’

Untuk diketahui, baru-baru ini Honda memberikan klarifikasi terkait rangka yang mudah karatan. Honda bahkan meminta bantuan para influencer untuk turut menyebarkan tentang warna kuning yang dianggap karatan pada rangka produk motor Honda tersebut.

Namun, bukannya menyelesaikan masalah. Honda justru semakin dijejali kritik dan cibiran dari warganet.

Pernyataan klarifikasi Honda tersebut diungkap melalui sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok bercentang biru, @welovehonda_id, pada hari Rabu, 23 Agustus 2023.

Dalam klarifikasi tersebut, Honda dengan tegas menyatakan bahwa warna kuning yang terlihat bukanlah akibat dari karat.

Dalam video tersebut, tampak seseorang yang mengenakan masker hitam dan kacamata memberikan klarifikasi bahwa warna kuning sebenarnya bukan karat. Namun warna kuning tersebut adalah silikat.

BACA JUGA:Honda Monkey Lightning Special Edition Dari Cub House, Mungil Sekaligus Sangat estetik

Silikat sendiri, kata narasi dalam video, berfungsi untuk melapisi hasil pengelasan pada rangka eSAF.

Untuk meyakinkan netizen, pria bermasker itu kemudian mengambil tisu basah lalu mengoleskan pada warna kuning rangka motor Honda. Tisu basah tersebut, katanya, tetap bersih yang menandakan tidak ada karat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: