Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Kuatkan Komitmen Pemberdayaan Keluarga

Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51 Kuatkan Komitmen Pemberdayaan Keluarga

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023-Dok. Pemkab-ISTIMEWA

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Melewati tahun emas ini, sudah sepatutnya PKK dapat terus menguatkan komitmen dalam mewujudkan cita-cita memberdayakan keluarga, dengan tujuan besar meningkatkan kesejahteraan bangsa. 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Magelang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, pada acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023 di Pendopo Merapi Rumah Dinas Bupati Magelang, Jumat 25 Agustus 2023.

Adi memandang, keluarga sebagai komponen terkecil di masyarakat menjadi akar yang harus diperkuat. 

BACA JUGA:Di Magelang, Grup Jual Beli Diramaikan dengan Penjualan Motor Merk Honda, eSAF Efek?

Sebab keluarga yang berdaya, akan mampu memberikan pengaruh besar terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat.

Sebagaimana tema peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 yaitu 'Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh', diharapkan menjadi semangat gerakan PKK di Kabupaten Magelang untuk lebih memperkuat persatuan dan kesatuan, guna mendorong sekaligus mendukung keberhasilan program pemerintah, sehingga hasil pembangunan dapat bermanfaat secara optimal.

"Selain itu, penting adanya program-program yang mendukung untuk mengentaskan problematika yang dihadapi Kabupaten Magelang seperti, UP2K, pengelolaan limbah sampah, pencegahan pernikahan usia anak dan sebagainya," kata Adi 

BACA JUGA:Festival UMKM Kabupaten Magelang Meriahkan Semarak HUT RI 78

Pada kesempatan tersebut, Adi juga berpesan kepada stakeholder terkait untuk saling bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan pemberdayaan keluarga, serta mengentaskan permasalahan seperti kemiskinan ekstrim dan stunting.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin dalam laporannya menyampaikan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023 diantaranya, Penilaian Lomba Administrasi Desa di 10 Kecamatan, Evaluasi 10 Program Pokok PKK di 39 Desa Binaan PKK Tahun 2023, Lomba PAAR, UP2K, AKU HATINYA PKK, Gagah Bencana, Media PKK Award, Lomba Cipta Menu B2SA, Pelaksanaan UMKM Fest bersinergi dengan Semarak Gemilang dalam rangka HUT RI Ke 78 Tahun 2023 selama 4 hari.

Dalam kesempatan tersebut, Christanti juga membacakan pesan dari Ketua Umum PKK Pusat yang menyampaikan bahwa posisi dan peran PKK sangat strategis, maka Tim Penggerak PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung garis kebijakan program Pemerintah.

BACA JUGA:Satgas Penanganan Kebakaran Hutan Magelang Disiagakan

"Bergeraklah bersama dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih, untuk mewujudkan kesejahteraan Masyarakat dan Indonesia Maju," pesannya.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan hadiah kepada pemenang lomba tertib administrasi PKK Desa/kelurahan tingkat Kecamatan tahun 2023, yang berhasil diraih oleh beberapa desa diantaranya, Desa Kanigoro Kecamatan Ngablak, Desa Donomulyo Kecamatan Secang dan Desa Klegen Kecamatan Grabag. (Mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres