KEREN! SiJeLita Inovasi Disperpusip Kota Magelang Mudahkan Pendataan Perpustakaan Binaan

KEREN! SiJeLita Inovasi Disperpusip Kota Magelang Mudahkan Pendataan Perpustakaan Binaan

Suasana nyaman para pengunjung Perpustakaan Daerah di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANG EKSPRES -- Inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang ini patut diacungi jempol. Pasalnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Magelang yang berada di Jalan Kartini itu mampu mendorong Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat melalui aplikasi digital berupa Sistem Jejaring Library dan Data atau SiJeLita.

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Magelang sendiri saat ini memiliki lebih dari 300 Perpustakaan binaan yang tersebar di tiap sekolah, seperti Perpustakaan PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi, Kelurahan, Kecamatan, OPD, Tempat Ibadah, Pojok Baca, dan TBM.

Dengan adanya data dan informasi yang akurat dan terus diperbaharui diharapkan mempermudah administrasi, evaluasi, penyusunan program, dan perumusan kebijakan.

Guna mendukung itu semua, maka dibutuhkan sistem terintegrasi melalui SiJeLiTa.

BACA JUGA:SI MONALISA : Melalui Aplikasi Ini Alumni Program Pelatihan di Kota Magelang Terdata Rapi

Aplikasi berbasis website ini diluncurkan sejak tahun 2021 lalu. Aplikasi SiJeLita memuat tentang informasi, profil, dan aspek-aspek penting yang dimiliki perpustakaan binaan di Kota Magelang.

Melalui SiJeLita, perpustakaan binaan masing-masing dalam memasukkan data, meliputi profil perpustakaan, visi, misi, fasilitas, pelayanan, pengunjung, anggaran, promosi, kerja sama, akreditas, dan galeri foto.

Aplikasi ini dapat diakses melalui link http://disperpusip.magelangkota.go.id/jelita dan login dengan username dan password sesuai yang terdaftar di Disperpusip Kota Magelang.


Perwajahan aplikasi SiJeLita yang dicetuskan Disperpusip Kota Magelang-TANGKAPAN LAYAR-SIJELITA

Dengan adanya SiJeLiTa diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan pengumpulan data yang disebabkan oleh kehilangan data maupun pergantian pengelola perpustakaan.

BACA JUGA:Evaluasi Pelayanan Publik dari Suara Masyarakat, DPMPTSP Menelurkan Si SuKMa

Pasalnya, data yang terbaru dan akurat sangat mendukung dalam penghitungan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Kota Magelang.

Sekadar informasi, Kota Magelang berhasil menduduki posisi puncak di Provinsi Jawa Tengah dalam hal pencapaian IPLM.

Kota Magelang mengemas poin 99,54 tingkat IPLM pada tahun 2022 sekaligus menjadi yang terbaik dari 35 daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres